detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 16:17 WIB

Di Rapat Paripurna DPRD DKI, Anies Singgung Alokasi Anggaran untuk Formula E

Arief Ikhsanudin - detikNews
Di Rapat Paripurna DPRD DKI, Anies Singgung Alokasi Anggaran untuk Formula E Anies Baswedan (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Tahun 2019. Anies menyinggung soal perubahan keuangan daerah salah satunya karena masuknya anggaran untuk pelaksanaan Formula E pada 2020.

Anies menyampaikan, pendapatan yang semula direncanakan sebesar Rp 74,77 triliun berubah pada APBD-P menjadi Rp 74,99 triliun atau secara netto meningkat sebesar Rp 220, 75 miliar.

"Kenaikan tersebut diperoleh dari selisih peningkatan Pajak Daerah sebesar Rp 360 miliar dan penurunan hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan sebesar Rp 139,24 miliar," ucap Anies dalam pidato Penyampaian Rencana Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun Anggaran 2019, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jumat (16/8/2019).



Sementara itu, untuk belanja daerah terjadi penurunan baik itu belanja langsung maupun belanja tidak langsung. Dari awalnya sebesar Rp 80,9 triliun menjadi 77,90 triliun.

Belanja tidak langsung yang semula dialokasikan sebesar Rp 34,50 triliun mengalami pengurangan sebesar Rp 1,8 triliun dan penambahan sebesar Rp 453,11 miliar.

"Sehingga secara netto Belanja Tidak Langsung mengalami penurunan Rp 1,34 triliun atau 3,91 persen menjadi Rp 33,16 triliun," ucap Anies.



Sementara itu, belanja langsung yang semula dialokasikan sebesar Rp 46,39 triliun, mengalami pengurangan sebesar Rp 3,82 triliun, dan penambahan sebesar Rp 2,17 triliun.

"Seminggu netto belanja langsung mengalami pengurangan Rp 1,64 triliun atau 3,55 persen menjadi Rp 44,74 triliun," kata Anies.

Menurut Anies, penambahan dialokasikan untuk peningkatan pelayanan umum rumah sakit dan puskesmas, pengadaan lahan untuk waduk, hingga pembangunan sekolah. Selain itu, penambahan anggaran juga dialokasikan untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada tahun 2020.

"Penambahan tersebut antara lain dialokasikan untuk peningkatan layanan umum pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas, pengadaan tanah untuk pembangunan waduk/situ/embung, penyusunan Basic Design rehab dan pembangunan gedung sekolah, penyediaan biaya operasional pendidikan sekolah dasar negeri serta pembayaran commitment fee untuk penyelenggaraan event olahraga balap mobil internasional Formula E yang akan dilaksanakan tahun 2020," ujar Anies.



Sementara itu, pengurangan dilakukan untuk meningkatkan efektivitas anggaran dengan melukakan efisiensi. Anggaran yang dianggap tidak akan terserap optimal akhirnya dihapus.

"Pengurangan tersebut antara lain dilakukan terhadap belanja pegawai untuk pembayaran gaji dan tunjangan, penyesuaian anggaran tahun jamak untuk pembangunan simpang susun atau flyover dan rumah susun, serta pelaksanaan kunjungan kerja pejabat dan staf," kata Anies.

Setelah Anies membacakan pidato, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, yang memimpin sidang, meminta fraksi untuk mempersiapkan pandangan atas raperda yang dibacakan Anies. Fraksi akan membacakan pandangan pada Senin (19/8/2019).

"Fraksi dari partai akan membacakan pandangan umum Terhadap raperda perubahan APBD provinsi 2019 pada hari Senin 19 Agustus 2019. Rapat ditutup," ucap Taufik.


(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com