detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 11:04 WIB

Jokowi: Lindungi Kedaulatan Data Tanpa Kompromi, Siapkan Regulasi!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Lindungi Kedaulatan Data Tanpa Kompromi, Siapkan Regulasi! Presiden Jokowi (Zunita/detikcom)
Jakarta - Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya perlindungan data pribadi. Tata aturan untuk melindungi kedaulatan data harus segera dibikin.

"Karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi!" kata Jokowi pada pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 RI di sidang bersama DPD dan DPR, di gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).



Melindungi data pribadi berarti melindungi kepentingan rakyat. Jokowi menyatakan Indonesia perlu siaga menghadapi ancaman kejahatan siber, termasuk penyalahgunaan data. Data merupakan hal penting di era kini.

"Kita harus siaga menghadapi ancaman kejahatan siber, termasuk kejahatan penyalahgunaan data. Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak," kata Jokowi.



Jokowi menyatakan Indonesia perlu melindungi diri dari teknologi yang merusak keadaban bangsa. Pemanfaatan teknologi yang membahayakan persatuan dan kesatuan juga harus dihadapi dengan siaga.

"Pemanfaatan teknologi yang merusak keadaban bangsa, yang membahayakan persatuan dan kesatuan, yang membahayakan demokrasi, harus kita atur secara terukur," kata Jokowi.



Persaingan Global Memanas, Jokowi: Kita Harus Berubah!:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com