detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 17:08 WIB

Kalapas: Habib Bahar Baik-baik Saja, Masih Jalani Mapenaling

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kalapas: Habib Bahar Baik-baik Saja, Masih Jalani Mapenaling Foto: Habib Bahar menerima kunjungan dari kerabat dan jemaah pondok pesantren, Selasa (13/8/2019). (Dok Twitter Kemenkum HAM RI)
Jakarta - Kalapas Kelas IIA Pondok Rajeg Cibinong Agung Krisna memastikan tak ada pengeroyokan di lapas yang melibatkan Habib Bahar bin Smith. Agung menyebut, Habib Bahar baik-baik saja dan belum melakukan kesalahan.

"Tidak benar bahwa habib bahar selama di lapas terjadi pengeroyokan. Sampai saat ini Habib Bahar belum pernah melakukan kesalahan. Kondisinya juga baik-baik saja. Kondisi napi yang lain dapat menerima yang bersangkutan secara baik dalam kehidupan di Lapas Cibinong," kata Agung, ketika dihubungi, Kamis (15/8/2019).



Agung menjelaskan, saat ini Habib Bahar sedang menjalani proses masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) di Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, Jabar. Habib Bahar mengikuti mapenaling bersama 6 napi lainnya.

Usai menjalani mapenaling, Habib Bahar akan ditempatkan di sel biasa. Penempatan sel Habib Bahar sesuai rekomendasi tim pengamat pemasyarakat (TPP).

"Kondisi saat ini sehat walafiat, yang bersangkutan melaksanakan program mapenaling dengan baik. Penempatan selanjutnya akan ditempatkan sesuai dengan rekomendasi TPP (tim pengamat pemasyarakatan) dengan pertimbangan pembinaan yang akan dilaksanakan untuk yang bersangkutan," kata Agung.

Selama di lapas, lanjut Agung, Habib Bahar kerap dijenguk oleh sejumlah santrinya. Termasuk oleh kuasa hukumnya. Menurut Agun, Habib Bahar berencana menulis buku di lapas, namun belum dimulai karena masih mengikuti mapenaling.

"Yang besuk Habib selama di lapas adalah pengacara, keluarga, dan para santri," tutur Agung.



Sebelumnya, beredar foto bahwa Habib Bahar mengalami penganiayaan. Tampak wajah Habib Bahar terlihat seperti mengalami beberapa luka. Matanya juga terlihat lebam seperti bekas pukulan.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) pun menepis foto beredar yang menggambarkan Habib Bahar bin Smith jadi korban penganiayaan di Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Kemenkum HAM menegaskan foto dan informasi tersebut hoax.

"Selamat siang #SahabatPengayoman, Yomin mau memberikan klarifikasi terkait dengan informasi yang menyebutkan bahwa Habib Assayid Bahar bin Smith mengalami penganiayaan di Lapas Kelas IIA Cibinong. Silakan disimak informasinya ya #KamiPASTI #KolaborasiBerkinerja," tulis Kemenkum HAM melalui akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom pada Rabu (14/8).



Di Rutan Polda Jabar, Habib Bahar Mengaku Mualafkan 6 Tahanan:

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com