detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 10:04 WIB

50 Hektare Lahan di Bima NTB Terbakar, Polisi Buru Pelaku

Harianto - detikNews
50 Hektare Lahan di Bima NTB Terbakar, Polisi Buru Pelaku Polisi bersama warga berusaha memadamkan kobaran api (dok. Polres Bima)
Jakarta - Lahan seluas 50 hektare di Desa Oi Saro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), terbakar. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki pelaku pembakaran.

"Lahan tersebut berupa semak belukar dan ilalang dan diperkirakan api telah menghanguskan lahan sekitar 50 hektare," kata Kasubag Humas Polres Bima Iptu Hanafi dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).



Belum diketahui siapa oknum yang melakukan pembakaran yang terjadi pada Rabu (14/8) sejak pukul 17.00 Wita itu. Namun, Hanafi menuturkan berdasarkan laporan dari Sekdes Oi Saro, sumber api diduga berasal dari warga yang membakar lahan untuk persiapan penanaman jagung.

Jarak antara Lokasi kebakaran dari pemukiman penduduk sendiri sekitar 6 km dan tidak dapat diakses kendaraan. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar 02.50 Wita dengan alat seadanya setelah Kapolsek Sanggar, Iptu Indra Killa dan warga datang ke lokasi.



Polisi hingga kini masih melakukan penyelidikan terhadap pembakaran tersebut.

"Lahan tersebut adalah milik masyarakat berupa semak belukar dan ilalang, bukan hutan dan belum didata siapa pemilik yang kuasai lahan," pungkas Hanafi.
(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed