detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 08:52 WIB

NasDem Hormati Jokowi soal 55% Menteri dari Kalangan Profesional

Dwi Andayani - detikNews
NasDem Hormati Jokowi soal 55% Menteri dari Kalangan Profesional Foto: Sekjen NasDem Jhonny G Plate. (Rolando-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap desain kabinetnya di periode kedua dari usia, hingga 55% menteri dari kalangan profesional. Partai NasDem menyebut menghormati keputusan Jokowi dalam menetapkan kabinetnya.

"Kami NasDem sangat hormati hak prerogatif presiden dalam memilih dan menetapkan anggota kabinet," ujar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate saat dihubungi, Rabu (14/8/2019).



Jhonny menyebut, pihaknya mendukung kebijakan Jokowi. Menurutnya, hal ini dimaksud untuk kemajuan bangsa dalam pemerintahan Jokowi kedepannya.

"NasDem akan selalu mendukung dan mengawal kebijakan pemerintahan Jokowi untuk kemajuan bangsa dan kejayaan negara," ujar Jhonny.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan pimpinan redaksi media massa di Istana Rabu (14/8) Jokowi mengungkapkan desain kabinet di periode keduanya. Dari usia, latar belakang, hingga kementerian baru.

Beberapa point tersebut yaitu, terkait dengan usia menteri yang akan diisi kalangan generasi muda. Menteri muda ini berusia di bawah 30 tahun.

"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.



Selain itu, Jokowi juga menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional sebanyak 55 persen, dan parpol sebanyak 45 persen. Selanjutnya terkait Jaksa Agung yang akan diisi dari kalangan nonparpol hingga mengubah nomenklatur kementerian atau kementerian baru.



Komposisi Kabinet Jokowi: 55% Profesional, 45% Parpol:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed