detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 07:35 WIB

Pagi Ini Udara Pekanbaru Terbebas dari Asap

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pagi Ini Udara Pekanbaru Terbebas dari Asap Ilustrasi Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom
Pekanbaru - Udara di Pekanbaru, pagi ini jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Langit cerah tanpa diselimuti asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pantauan pagi ini, Kamis (15/8/2019), langit Pekanbaru terlihat membiru. Tak tampak asap imbas Kahutla yang biasa menyesakkan dada.


Data BMKG Pekanbaru hari ini merilis udara clear. Ini dapat dilihat dari jarak pandang yang sebelumnya maksimal hanya 2 Km atau 3 Km, namun pagi ini tembus di 8 Km.

Sebagian warga tampak berolahraga jalan kaki menikmati pagi tanpa asap ini. "Pagi ini udara bersih, tak ada asap. Kami pun enak untuk berolahraga ringan jalan kaki," kata Syarul (36) warga Jl Purwodadi Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Ppara orang tua siswa merasa lega pagi ini mengantarkan anaknya ke sekolah tanpa diselimuti asap. "Anak saya sudah ngeluh selama ini karena asap. Tapi pagi ini udara bersih, tak ada asap. Semoga saja asapnya tak muncul lagi," harap Syukur warga lainnya saat mengantarkan anaknya sekolah di SD 110 Jl Purwodadi.


Sementara itu, BMKG Pekanbaru juga menyebut kabut asap imbas Karhutla sepertinya masih mengancap asap di Pekanbaru. Ini dapat terlihat, dari rilis BMKG berdasarkan satelit Terra/Aqua di level confidence 70 persen masih terdapat sebaran titik panas.

"Hari ini ada 39 hotspot. Ada di Bengkalis 1, Meranti 6, Kuansing 1, Pelalawan 17, Siak 7, Inhil 6, Inhu 1," tulis staf BMKG Pekanbaru, Sanya dalam rilisnya kepada wartawan.

Pagi ini hingga siang hari, lanjut Sanya, berpotensi hujan ringan tidak merata di Kabupaten Pelalawan, Inhu, Rohil dan Bengkalis.

"Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi hampir sebagian besar wilayah Riau," kata Sanya.



Tonton video Petaka Asap, Mencari Dalang pada Bencana Berulang:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed