detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 07:22 WIB

Pansus Wagub DKI Tanggapi Candaan Anies: Banyak yang Gagal Paham

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pansus Wagub DKI Tanggapi Candaan Anies: Banyak yang Gagal Paham Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Jakarta - Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Bestari Barus, menanggapi candaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bestari menilai Anies gagal paham soal tugas pansus di pemilihan wagub.

"Banyak yang gagal paham tentang mekanisme pemilihan Wagub DKI untuk pengisian kekosongan jabatan wagub. Pemilihan wagub itu bukan ranah kerja pansus. Pansus itu tugasnya hanya menyusun tata tertib (tatib) saja," ucap Bestari dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).


Menurut Bestari, pansus sudah menyelesaikan draf tatib. Selanjutnya, anggota dewan akan membentuk panitia pemilihan (panlih) untuk teknis pemilihan. "Selanjutnya hanya tinggal menunggu agenda rapimgab (rapat pimpinan gabungan) untuk penyelarasan dan persetujuan DPRD untuk melaksanakan Paripurna Pengesahan Tatib tersebut. Baru kemudian, DPRD membentuk panitia pemilihan (panlih)," kata Bestari.

Menurut Bestari, panlih akan bekerja sampai terpilihnya wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno. Jadi, proses pemilihan bukan lagi tanggung jawab pansus. "Semoga penjelasan ini dapat dimengerti dan dipahami dan semua pihak dapat pula membedakan apa itu pansus dan apa itu panlih," ucap Bestari.


Sebelumnya, wawancara bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Rabu (14/8), diselipi candaan soal Pansus Wagub DKI Jakarta. Momen itu terjadi saat sebagian wartawan mengatur posisi berdiri Anies yang dikerubungi banyak pewarta sehingga menyulitkan pengambilan gambar.

Wartawan awalnya meminta Anies lebih maju ke depan. Merasa posisi Anies belum pas, wartawan meminta sang gubernur untuk mundur sedikit.

Anies pun tertawa saat mendengar permintaan wartawan. Anies lalu menyinggung kinerja Pansus Wagub DKI Jakarta selama ini.

"Kaya pansus aja maju-mundur," kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta.



Karut-marut Drama Memilih Wakil Anies:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com