detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 21:53 WIB

PDIP Dukung Jokowi Bentuk Kementerian Ekonomi Kreatif dan Investasi

Uji Sukma Medianti - detikNews
PDIP Dukung Jokowi Bentuk Kementerian Ekonomi Kreatif dan Investasi Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan) berjalan memasuki ruangan Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Denpasar, Bali/Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Jakarta - PDI Perjuangan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap keputusan Presiden Joko Widodo untuk membentuk dua kementerian baru, yaitu ekonomi kreatif dan investasi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan apa yang diputuskan Presiden Jokowi sejalan dengan hasil keputusan Kongres V Partai yang digelar di Bali beberapa waktu lalu, khususnya terkait dengan desain Dewan Pimpinan Partai.


"Struktur Partai memasukkan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital, dan Ketua Bidang Industri dan Investasi. PDI Perjuangan juga memberikan landasan ideologis atas tugas kementerian tersebut termasuk politik investasi guna memerkuat kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi," jelas Hasto dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8/2019).

Ia menuturkan, ekonomi kreatif dan digital yang diisi oleh kalangan muda yang produktif menjadi perhatian partai. Hal ini dinilai sejalan dengan realitas kalau PDIP mendapat dukungan signifikan dari pemilih muda.

"PDI Perjuangan tercatat sebagai Partai dengan jumlah kepala daerah dan anggota legislatif terbesar yang diisi anak muda. Dengan ruang kepemimpinan muda yang lahir melalui proses rekrutmen dan pendidikan kader tersebut, maka Partai menyatakan kesiapannya untuk jemput bola atas kebijakan Pemerintah yang pro terhadap kaum muda Indonesia untuk berkreasi," tuturnya.


Hasto menyebut PDIP juga mempersiapkan anak muda untuk aktif secara luas di dunia politik, ekonomi maupun mengekspresikan seluruh energi kreatifnya di bidang kebudayaan.

Adapun, guna memberikan dukungan terhadap kebijakan Presiden tersebut, PDI Perjuangan berpandangan pentingnya dibangun 'inbond logistic' melalui penguatan infrastruktur digital secara terintegrasi, penguatan manajemen, pemasaran, dan kemampuan produksi dengan menerapkan teknologi proses yang paling tepat yang berpijak pada daya inovasi para pemuda Indonesia.
(ujm/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com