detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 21:48 WIB

Harapan Wali Kota Hendi Pada DPRD Kota Semarang yang Baru Dilantik

Uji Sukma Medianti - detikNews
Harapan Wali Kota Hendi Pada DPRD Kota Semarang yang Baru Dilantik Foto: Dok Pemkot Semarang
Jakarta - Pada Rabu (14/8/2019), Anggota DPRD Kota Semarang masa jabatan 2019 - 2024 resmi dilantik dan mengucapkan sumpah janji jabatan. Pelantikan yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri 50 anggota legislatif DPRD Kota Semarang dengan masa jabatan baru.

Sebanyak 33 anggota DPRD merupakan petahana, dan sisanya sebanyak 17 anggota DPRD baru.

Dalam sambutannya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD masa 2019 - 2024, dan tak lupa dirinya juga menyelipkan harapan agar para anggota DPRD baru tersebut dapat tulus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

"Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kota Semarang, pertama-tama Saya ucapkan selamat semoga amanah dan terus berkarya menjadi wakil rakyat secara ikhlas," tutur Hendi, biasa akrab disapa Wali Kota Semarang tersebut.


"Perjuangan untuk menjadi anggota DPRD sangat luar biasa. Tenaga, pikiran, hingga materi sudah banyak yang dikeluarkan. Maka, lima tahun ke depan adalah pembuktian panjenengan semua kepada seluruh warga Kota Semarang. Janji-janji sebagai wakil rakyat saya minta supaya bisa diupayakan secepat mungkin bersama Pemerintah Kota Semarang," tuturnya.

Di sisi lain Hendi juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD periode 2014-2019, Supriyadi beserta anggota DPRD yang selama lima tahun lalu telah berkarya untuk Kota Semarang.

"Banyak hal yang sudah dikerjakan bersama-sama untuk masyarakat kota Semarang. Kita melihat DPRD di bawah kepemimpinan Pak Priyadi menjadi sebuah parlemen modern yang Insya Allah akan bisa diteruskan oleh anggota DPRD yang hari ini dilantik," harapnya.

Terakhir, Hendi pun mengajak kepada seluruh jajaran anggota DPRD untuk mengawal dan bersinergi merealisasikan proyek-proyek strategis Pemerintah Kota Semarang di antaranya pembangunan Technopark, Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL), Semarang Expo Center, Rumah Sakit Tipe D di wilayah Mijen, Sport Center di Kelurahan dan Kecamatan, pengembangan objek wisata, peningkatan layanan Universal Health Coverage (UHC), serta berbagai program strategis yang bermuara pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan warga Kota Semarang.

Senada dengan Hendi, Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014-2019, Supriyadi menegaskan, anggota DPRD periode 2014-2019 telah bekerja maksimal dalam menyerap aspirasi masyarakat. Baik dalam bidang politik, ekonomi, hingga hukum, dan juga mengantarkan Kota Semarang memperoleh opini WTP dari BPK. Selama lima tahun terakhir, DPRD kota Semarang telah melahirkan ratusan regulasi, Peraturan Daerah, dan berbagai produk hukum.

"Kami atas pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan," ujar Supriyadi. Dirinya pun berpesan kepada anggota dewan yang terpilih agar dapat melanjutkan agenda yang masih belum terselesaikan.

Pengambilan sumpah/janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Semarang Sutaji, dilanjutkan dengan penyematan pin dan penyerahan SK. Dalam rapat paripurna tersebut juga ditetapkan ketua sementara dan wakil ketua sementara.


Terpilih sebagai Ketua sementara DPRD Kota Semarang periode 2019 - 2024 adalah Kadarlusman dari PDI Perjuangan. Sementara, Abdul Majid dari Partai Gerindra terpilih menjadi wakil ketua. Adapun terpilihnya Kadarlusman menjadi Ketua Sementara adalah karena PDI Perjuangan mendominasi perolehan suara, yakni sebanyak 19 kursi.

Hadir dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji tersebut, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi beserta istri yang juga merupakan ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang, Sekretaris Daerah Kota Semarang, seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, serta pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan swasta se-Kota Semarang.
(ujm/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed