detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 20:48 WIB

Nono Sampono Usul Rekam Jejak Jadi Syarat Calon Pimpinan DPD

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Nono Sampono Usul Rekam Jejak Jadi Syarat Calon Pimpinan DPD Wakil Ketua DPD Nono Sampono. (Dok DPD)
Jakarta - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono bicara soal calon pimpinan DPD RI periode 2019-2024. Nono berharap calon pimpinan DPD ke depan tak memiliki rekam jejak pelanggaran kode etik.

Karena itu, senator asal Maluku tersebut mengusulkan agar rekam jejak menjadi salah satu syarat yang diberikan Badan Kehormatan (BK) DPD. Sebab, menurut Nono, pimpinan DPD harus memiliki integritas, kapabilitas disiplin, dan track record yang baik.

"Lima tahun yang lalu belum ada soal kode etik, sekarang sudah ada dan hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik dari yang ringan hingga berat, dan itu semestinya ada (dalam syarat pencalonan pimpinan DPD)," kata Nono di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Kendati demikian, Nono menyerahkan persoalan persyaratan calon pimpinan DPD kepada BK DPD dan rapat paripurna nantinya. Mengingat hal itu merupakan kewenangan BK DPD dan diputuskan dalam paripurna.

"Tapi saya serahkan sepenuhnya kepada BK karena itu otoritasnya BK. Apakah diperlukan atau tidak," katanya.

Nono mengatakan saat ini sosok-sosok calon pimpinan DPD yang merepresentasikan wilayahnya juga sudah mulai bermunculan. "Menurut saya, semakin banyak yang bermunculan, maka semakin bagus. Persaingan akan munculkan yang terbaik," kata Nono.
(mae/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed