detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 20:41 WIB

Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik, Istana Bicara Kelengkapan Infrastruktur

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik, Istana Bicara Kelengkapan Infrastruktur Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Peraturan presiden (perpres) mengenai kendaraan listrik sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pihak Istana saat ini berharap instrumen dan kelengkapan pendukung mobil listrik bisa segera direalisasi.

"Tentunya semua itu bertahap karena instrumen lain diperlukan. Infrastruktur diperlukan seperti recharging kan nanti diperlukan. Kan nggak kayak langsung bisa dicolokkan begitu kayak HP. Ada SPLU-nya (stasiun pengisian listrik umum)," kata Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko di Gedung Bina Graha KSP, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (14/7/2019).

Pernyataan Moeldoko itu menjawab pertanyaan akankah pemerintah menggunakan mobil listrik seusai ditekennya perpres tersebut. Moeldoko kemudian menyinggung soal keamanan mobil listrik. Jadi, menurutnya, mobil dinas kepresidenan untuk saat ini belum diwacanakan menggunakan mobil listrik.

"Ini kan berkaitan dengan keamanan juga harus dipikirkan. Saya pikir belum ada mobil listrik yang memiliki tingkat keamanan standar," ujarnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan wacana ke Presiden Jokowi agar pengadaan kendaraan dinas pegawai pemerintah yang didanai APBN bisa menggunakan kendaraan listrik. Dia juga meminta pemerintah mewajibkan penggunaan motor listrik buatan Indonesia.

"Saya lapor Presiden, 'Pak, nanti kalau tahun depan APBN, misalnya, untuk beli sepeda motor atau mobil, kita wajib kan saja motor listrik buatan Indonesia Gesits atau apalah,'" kata Luhut dalam sambutannya pada penutupan acara Indonesianisme Summit 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (13/8).

"Sehingga dengan begitu kelihatan. Dengan keberpihakan itu, teknologi akan maju," tambahnya.


Simak Video "Sekencang Apa Mobil Listrik yang Dibawa Bamsoet ke Istana?"

[Gambas:Video 20detik]


(lir/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed