ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 19:44 WIB

Warga Bogor Serahkan Buaya Peliharaan ke BKSDA

Farhan - detikNews
Warga Bogor Serahkan Buaya Peliharaan ke BKSDA Warga Bogor menyerahkan buaya peliharaan ke BSKDA. (Farhan/detikcom)
Bogor - Wowo Kusnawa, warga Bogor, menyerahkan seekor buaya peliharaannya ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah 1. Buaya pemberian teman itu baru sepekan dipelihara Wowo..

Wowo menyerahkan satwa dilindungi itu ke petugas BKSDA di Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (14/8/2019). Wowo mengaku tidak tahu asal buaya tersebut.

"(Buaya) ini sudah seminggu sama saya, saya pelihara. Dapat dari teman adik saya, tapi lama-lama risi juga, makanya ini mau diserahkan ke petugas (BKSDA) itu. Kalau asalnya dari mana buaya ini, saya juga nggak tahu," kata Wowo di lokasi.
Penyidik BKSDA Wilayah 1 Bogor Sudrajat mengatakan penyerahan buaya ini berawal dari informasi warga. Setelah diterima, buaya tersebut rencananya akan dievakuasi ke pusat penyelamatan satwa dilindungi di Sukabumi, Jabar.

"Jadi ini bentuknya penyerahan. Ada warga yang menghubungi kami dan ingin menyerahkan buaya ini, karena yang bersangkutan tahu kalau buaya adalah satwa dilindungi. Kemudian saya dan anggota datang ke sini untuk menjemput," kata Sudrajat.
Sudrajat menyebut buaya itu memiliki panjang 60 sentimeter dan berat 5 kilogram. Selanjutnya, kata Sudrajat, buaya muara berusia 1 tahun tersebut akan dievakuasi ke pusat konservasi satwa dilindungi untuk direhabilitasi.

"Ini masih liar ya, makanya nanti akan direhabilitasi di pusat konservasi satwa dilindungi di Sukabumi," kata Sudrajat.

"Kami berharap untuk semua warga yang memiliki satwa dilindungi mau menyerahkan sendiri seperti ini, karena kalau menyerahkan seperti ini tidak akan kami lakukan tindakan hukum," sambungnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed