ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 19:26 WIB

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan Panas

Lusiana Mustinda - detikNews
5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan Panas Gunung Merapi. Foto: AntaraFOTO
Jakarta - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas sejauh 950 meter ke arah hulu Kali Gendol. Berikut fakta-fakta soal gunung merapi yang perlu kamu tahu.

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Sejarah letusan Gunung Merapi pernah terjadi pada tahun 2010. Letusan tersebut menjadi letusan terbesar selama 100 tahun terakhir. Ini mengakibatkan 337 korban meninggal dunia.

Berikut ini beberapa fakta soal Gunung Merapi yang kamu perlu tahu:

1. Ketinggian

Gunung merapi memiliki ketinggian 2.930 mdpl. Nama "merapi" berasal dari penyingkatan "meru" alias gunung dan "api" sehingga merapi sebenarnya sudah memiliki arti gunung api.

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan PanasAktivitas Gunung Merapi. Foto: AntaraFOTO

2. Gunung Teraktif di Indonesia

Gunung merapi memiliki siklus letusan sekitar lima tahun. Masih ingat dengan letusan gunung berapi di tahun 2010? Kala itu sang juru kunci Mbah Maridjan juga menjadi korbannya.


3. Tak ada lagi Puncak Garuda

Gunung ini memiliki puncak populer yang dinamakan Puncak Garuda. Namun karena letusan di tahun 2010, membuat puncak terkenal ini menghilang karena tergerus saat terjadinya erupsi Merapi di waktu itu.

Sebenarnya, para pendaki tak boleh naik hingga puncak. Hanya boleh sampai area Pasar Bubrah saja. Namun sayangnya banyak pendaki Gunung Merapi yang melanggar aturan yang sudah dipasang pihak pengelola.

4. Tidak Ada Sumber Air di Jalur Pendakian

Siapa sangka kalau di gunung merapi ini tidak ada sumber mata air di sepanjang jalur poendakian. Jadi para pendaki harus membawa persediaan air minum lebih banyak jika ingin mendaki gunung ini.

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan PanasGunung Merapi. Foto: Antara Foto

5. Awan Panas dan Guguran Lava

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas. Kali ini guguran awan panas meluncur sejauh 950 meter ke arah hulu Kali Gendol.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga menggugurkan awan panas pada Rabu (7/8). Tercatat jarak luncur guguran 1,2 km ke arah hulu Kali Gendol.

Dengan adanya hal ini, BPPTKG merekomendasikan kawasan di radius 3 kilometer dari punak Gunung Merapi harus dikosongkan dari aktivitas penduduk.


(lus/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed