detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 19:20 WIB

Habiburokhman Dukung Dasco Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Fadli

Yulida Medistiara - detikNews
Habiburokhman Dukung Dasco Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Fadli Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman. (Lisye/detikcom)
Jakarta - Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman mendukung Wakil Ketua Umum Bidang Advokasi dan Hukum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebagai Wakil Ketua DPR periode selanjutnya. Dia menilai Dasco sebagai sosok yang tepat karena memiliki latar belakang advokat.

"Ya kita kan banyak stok kader ya untuk jadi Wakil Ketua DPR. Pak Fadli bagus, kalau Pak Dasco menurut saya lebih bagus karena saya di bawahnya dia kan. Tapi ya dua-duanya baguslah," kata Habiburokhman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).


Dia berharap pimpinan DPR nantinya dapat bekerja sama dengan semua pihak serta berlatar belakang sesuai bidang keilmuannya. Dasco dinilai sebagai orang yang tepat menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).

"Kita ingin juga sesuai dengan latar belakang ilmunya. Kalau misalnya Wakil Ketua DPR bidang Polhukam, menurut saya pasnya adalah seorang yang berlatar advokat atau orang hukum, bukan karena apa-apa ini, Pak Dasco ini kan doktor hukum. Advokat juga sebelum DPR, jadi bisa lebih executable (bisa dieksekusi) apa yang dia ingin lakukan karena dia paham apa yang namanya persoalan-persoalan teknis terkait hukum," ujarnya.

Dia mencontohkan Dasco juga pernah menjadi penjamin penangguhan penahanan bagi tersangka makar Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma. Karena itu, dia menilai Dasco cocok jadi pimpinan DPR.

"Kayak kemarin misalnya waktu 21-22 (Mei) yang di Bawaslu itu, kan Pak Dasco jadi penjamin langsung terjun karena dia memang advokat yang paham sekali seluk-beluk persoalan hukum seperti itu," ujarnya.


Diketahui, saat ini Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan. Sebelumnya, nama Fadli disebut-sebut sebagai kandidat kuat menduduki kursi Wakil Ketua DPR. Gerindra sebagai pemenang kedua dalam Pemilu 2019 memang mendapatkan 1 kursi Wakil Ketua DPR.


Simak Video "Fadli Zon Siap Kerjasama dengan PDIP soal Pimpinan MPR"

[Gambas:Video 20detik]


(yld/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com