detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 18:21 WIB

Habiburokhman: Tanggal Ganjil Saya Dukung Ganjil-Genap, Tanggal Genap Tidak

Yulida Medistiara - detikNews
Habiburokhman: Tanggal Ganjil Saya Dukung Ganjil-Genap, Tanggal Genap Tidak Habiburokhman (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan perluasan ganjil-genap di DKI Jakarta masih menjadi pro-kontra. Dia mengaku mendukung perluasan ganjil-genap di Jakarta saat tanggal ganjil, tapi tidak di tanggal genap karena mobilnya berpelat nomor ganjil.

"Ganjil-genap itu akan menimbulkan pro dan kontra. Jangankan di kalangan orang berbeda, saya sendiri Habiburokhman nih kalau di tanggal ganjil saya mendukung ganjil-genap, tapi kalau tanggal genap, saya tidak mendukung ganjil-genap," kata Habiburokhman di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Dia mengatakan kebijakan perluasan ganjil-genap tak bisa ditanyakan kepada orang per orang. Alasannya, semua orang akan mengedepankan kepentingan masing-masing.



"Artinya apa, artinya tidak bisa kita pertanyakan ke orang per orang secara pribadi sesuai dengan kepentingan masing-masing," ucapnya.

Habiburokhman menyatakan dirinya akan menunggu hasil studi tentang dampak perluasan ganjil-genap. Jika dampaknya positif, dia mengatakan perluasan ganjil-genap tak jadi masalah dilanjutkan.

"Hasil studinya seperti apa, menurut saya, kita lihat apakah bisa dipercaya seberapa meyakinkan hasil studi dan evaluasi tersebut. Kalau ada dampak positif dalam berbagai konteks, lingkungan, misalnya, atau ekonomi dan sebagainya, bagus dilanjutkan ya nggak ada masalah. Jadi kita tunggu hasil studi ini," tuturnya.



Uji coba perluasan rute ganjil-genap di Jakarta telah dilakukan sejak Senin (12/8). Uji coba rencananya berlangsung hingga 6 September 2019.

Berikut ini ruas jalan yang terkena kebijakan perluasan ganjil-genap di Jakarta:

1. Jl Pintu Besar Selatan
2. Jl Gajah Mada
3. Jl Hayam Wuruk
4. Jl Majapahit
5. Jl Sisingamangaraja
6. Jl Panglima Polim
7. Jl Fatmawati (mulai simpang Jl Ketimun 1 sampai simpang Jl TB Simatupang)
8. Jl Suryopranoto
9. Jl Balikpapan
10. Jl Kyai Caringin
11. Jl Tomang Raya
12. Jl Pramuka
13. Jl Salemba Raya
14. Jl Kramat Raya
15. Jl Senen Raya
16. Jl Gn Sahari, dan
Segmen persimpangan terdekat sampai pintu masuk Tol dan segmen pintu keluar Tol sampai persimpangan terdekat.

Ganjil-genap berlaku pada Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional. Aturan ini berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.


Simak Video "Dilema Ganjil-Genap dan Akses ke Rumah Sakit"

[Gambas:Video 20detik]


(yld/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed