detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 17:48 WIB

Moeldoko Ibaratkan 'Impor' Rektor Asing Seperti Lomba Lari

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Moeldoko Ibaratkan Impor Rektor Asing Seperti Lomba Lari Moeldoko (Amir Baihaqi/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bicara tentang tujuan mendatangkan rektor asing untuk memimpin universitas di Indonesia. Dia mengibaratkan kedatangan rektor asing itu dengan persaingan pada lomba lari.

"Maknai itu sebagai upaya membangun kompetisi. Itu aja, 'oh berarti rektor Indonesia masih dianggap nggak hebat'. Bukan itu, akan hebat lagi kalau di sampingnya ada orang-orang yang perlu diajak lari. Kalau saya pelari, saya merasa 10 menit sudah hebat. Tapi kalau begitu sebelah saya ini pelarinya 9 koma sekian, saya akan latihan lagi," kata Moeldoko di Kementerian PPN/Bappenas, Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).



Moeldoko mengatakan saat ini kompetisi di lingkungan global semakin luar biasa. Didatangkannya rektor asing tersebut juga menjadi salah satu upaya membangun kompetisi global.

"Nggak ada tujuan yang lain. Bukan ada tujuan-tujuan ini dan ini, ndak. Tujuan utamanya adalah bagaimana membangun persaingan global. Kalau nanti rektor-rektor itu yang kita ternyata, ada setelahnya ada rektor asing yang ada di sini, maka akan malu itu kalau kalah dengan rektor asing itu," ujarnya.



Dia mengaku belum mengungkap asal rektor asing yang bakal diimpor untuk memimpin perguruan tinggi di Indonesia. Rencananya, penerapan rektor asing bakal diawali di salah satu perguruan tinggi swasta.

"Saya sudah diskusi dengan Pak Menristekdikti, rencana akan diawali satu perguruan tinggi swasta akan dihadirkan dari kawasan Asia ya rektor itu. Nanti negaranya akan disampaikan," tuturnya.
(haf/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed