detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 16:48 WIB

Warga Nigeria Didakwa Cuci Uang Rp 43,9 M Transfer dari Argentina

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Warga Nigeria Didakwa Cuci Uang Rp 43,9 M Transfer dari Argentina Warga negara Nigeria, Udeze Celestine Nnaemeka alias Emeka, didakwa melakukan pencucian uang di Indonesia. (Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang - Warga negara Nigeria, Udeze Celestine Nnaemeka alias Emeka, didakwa melakukan pencucian uang di Indonesia. Pria yang sudah 14 tahun tinggal di Indonesia ini menerima transfer dana mencurigakan Rp 43,9 miliar dari Argentina.

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa Sih Kanti di Pengadilan Negeri (PN) Serang, terdakwa bersama-sama Herman Sanjaya, Didin Solihin, Gerorge Eliaba, Chrisgtian Tanos, Rahmawati, Dadan Juhana, Afrizal Pratama, dan Small Body telah menerima transfer sebesar USD 3.321.000 atau Rp 43,9 miliar melalui PT Solar Turbines dari luar negeri.

Uang sebanyak itu ditransfer dari Argentina ke PT Solar untuk salah satu bank di Ciceri, Serang. Terdakwa bersama Chistian, Herman, dan Didin kemudian mencairkan dana dari Argentina itu sebesar Rp 3,9 miliar di Bank Mandiri Soekarno-Hatta. Kemudian mentransfer masing-masing Rp 20 miliar dan Rp 10 miliar ke PT Sinar Kawaluyaan.




Dari transfer awal Rp 3,9 miliar yang diterima, terdakwa kemudian menyembunyikan asal-usul uang dengan menarik uang di beberapa cabang bank di kawasan Tanah Abang. Dilakukan 9 kali penarikan dengan minimal Rp 5 juta sampai Rp 50 juta.

Dalam dakwaan, jaksa mengatakan uang Rp 43,9 miliar yang ditransfer dari luar negeri patut diduga dari hasil perbuatan tindak pidana. Terdakwa tidak mempunyai hubungan bisnis atau usaha dari pemilik rekening di bank di Argentina.

"Sehingga asa-usul perolehan uang tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh terdakwa," kata Sih Kanti di Jl Serang-Pandeglang, Banten, Rabu (14/8/2019).

Perbuatan terdakwa menurut jaksa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 33 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.
(bri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed