detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 16:49 WIB

Ramai Pasangan Bule Disebut Nyolong Sandal di Bali, Ini Cerita di Baliknya

Aditya Mardiastuti - detikNews
Ramai Pasangan Bule Disebut Nyolong Sandal di Bali, Ini Cerita di Baliknya Foto: Viral bule disebut-sebut mencuri sandal di Denpasar, Bali (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Pasangan bule viral di media sosial karena disebut mencuri sandal di salah satu toko di kawasan Denpasar, Bali. Dua bule asal Brazil dan Swedia itu pun meminta maaf dan balik ke toko untuk membayar sandal tersebut.

Video yang beredar berasal dari CCTV toko Havaianas, Jl Gatot Subroto, Denpasar. Peristiwa itu terjadi Senin (12/8) sekitar pukul 11.30 Wita.


"Kejadian tanggal 12 Agustus dia masuk jam 11.31 Wita saya handle. Ketika itu yang cowok masih nelpon yang cewek sudah milih, saya tanya 'cari untuk cewek/cowok?' jawabnya tunggu. Setelah itu yang cowok masuk nyoba sandal item size 41 langsung bawa ke kasir," kata penjaga toko I Gede Widiasmara saat ditemui di lokasi, Rabu (14/8/2019).

Bule pria yang belakangan diketahui bernama Gio itu lalu menyerahkan kartu kreditnya dan langsung memakai sandal tersebut. Sementara itu, pacarnya yang belakangan diketahui bernama Josie, masih melihat-lihat sandal.

Namun, saat diminta nomor PIN untuk membayar sandal warna hitam, Gio terlihat sibuk dengan ponselnya. Dia pun lalu menghampiri Josie dan memasukkan sandal warna abu-abu ke dalam tasnya. Setelah itu keduanya ngeloyor pergi ke luar toko dan meninggalkan kartu kredit Gio.

"Saat itu saya sudah bilang nominalnya, satunya dipakai satunya dimasukin ke tas. Saya tanya PIN dia bilang masih lihat-lihat yang lain katanya. Dia jalan-jalan ke depan kayak ngobrol mereka, tak tunggu nggak sampai satu menit kok nggak balik lagi, terus saya cari ke depan terus samping toko katanya nggak masuk, langsung telepon IT untuk CCTV ternyata udah jalan," paparnya.


Widi, panggilan karibnya, lalu mengunggah rekaman CCTV itu ke akun Instagram-nya. Setelah viral, sore ini kedua pasangan bule itu datang ke toko untuk membayar sandal tersebut. Keduanya datang sekitar pukul 16.00 Wita dan menjelaskan duduk perkaranya.

"Saya memberikan kartu kredit saya ke petugas konter untuk membayar, tapi ketika saya hendak membayarnya, saya teringat menaruh sandal itu di tas saya kemudian saya berikan kartu kredit saya. Tapi di luar sudah ada taksi online yang menunggu saya dan menelepon. Jadi saya mendatangi taksi itu, dan lupa soal kartu kredit saya karena sudah ditelepon-telepon taksi online itu, jadi kami berlari dan meninggalkan kartu kredit saya dan lupa membayarnya," papar Gio.

Pria asal Brazil itu mengaku benar-benar lupa soal kartu kreditnya maupun soal sandal yang belum dibayar. Dia bahkan mengaku melaporkan kehilangan kartu kreditnya ke pihak bank dan memblokirnya.

"Kemarin ketika Senin (12/8) saat peristiwa ini terjadi saya lapor ke bank bahwa kartu kredit saya hilang, karena seketika saya lupa di mana kartu kredit saya hilang (sambil menunjukkan percakapan WhatsApp-nya). Saya benar-benar lupa di mana kartu kredit saya hilang di mana, karena hari itu saya mengunjungi banyak tempat, kami harus pergi ke tempat pengacara, dan saya bahkan tidak tahu bahwa saya lupa membayar. Saya benar-benar lupa," tutur pria yang sudah dua tahun tinggal di Bali itu.

Ramai Pasangan Bule Disebut Nyolong Sandal di Bali, Ini Cerita di BaliknyaFoto: Viral bule disebut-sebut mencuri sandal di Denpasar, Bali (Aditya Mardiastuti/detikcom)

Dia mengaku baru menyadari keberadaan kartu kredit maupun soal sandal yang belum dibayar setelah mendapat informasi dari rekannya. Dia meminta maaf dan meyakinkan tak ada iktikad untuk mencuri sandal.

"Saya merasa sudah membayar ini, dan baru sadar saya kehilangan kartu saya. Kemudian saya sadar sedang buru-buru hingga lupa membayar dan melupakan kartu kredit saya di sini. Sumpah ini hanya murni salah paham," jelasnya.


Di lokasi yang sama, Josie juga menjelaskan soal posenya yang memeluk Gio sebelum memasukkan sandal. Dia menyebut dia biasa memeluk kekasihnya itu.

"Di video itu terlihat saya memeluknya, itu karena saya biasa 'krek' dia," ujar Josie.

Usai memberikan penjelasan kedua sandal seharga Rp 508 ribu itu pun dibayar. Keduanya juga sepakat tidak akan mempermasalahkan kasus ini ke polisi.

"Saya mengapresiasi kejujurannya (Widi), bisa saja dia yang memegang kartu kredit saya menyalahgunakannya. Ini murni salah paham, dan kami ke sini untuk menyelesaikan ini," jelasnya.
(ams/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed