detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:53 WIB

Ketua DPRD DKI soal Pemilihan Wagub DKI: Tanyakan ke Partai Pengusung

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ketua DPRD DKI soal Pemilihan Wagub DKI: Tanyakan ke Partai Pengusung Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Bartanius Dony/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) enggan menjelaskan proses pemilhan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Pras mengatakan penentuan wagub merupakan kewenangan partai pengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yaitu PKS dan Gerindra.

"Wagub tanyakan partai pengusung," kata Pras di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).



Ketua Pansus Wagub DPRD DKI Jakarta Ongen Sangaji sebelumnya mengatakan pemilihan Wagub DKI dipastikan tak bisa diselesaikan oleh anggota DPRD DKI periode 2014-2019. Dia menegaskan pembahasan wagub DKI akan dilanjutkan anggota dewan periode baru 2019-2024.

"Kalau saya haqul yakin bahwa ini bisa dilakukan teman-teman di periode 2019-2024, yang penting perangkatnya sudah selesai, jadi jangan berpikir bahwa kita nggak kerja, sudah selesai," kata Ongen saat dimintai konfirmasi, Selasa (13/8).

"Saya pastikan batal. Nggak mungkin bisa. Karena memang tidak ada ruang lagi untuk kita bisa melakukan rapimgab," lanjut dia.



Ongen mengatakan tugas pansus pemilihan Wagub DKI pengganti Sandiaga Uno sudah rampung. Dia menyebut sudah menyerahkan tatib pemilihan wagub DKI utnuk kemudian diteruskan digelarnya rapimgab sebelum paripurna di DPRD DKI.

Ketua Fraksi Hanura DPRD DKI ini mengatakan selama prosesnya ada dua prioritas anggota DPRD sebelum massa jabatan berakhir pada 25 Agustus. Selain pembahasan wagub DKI, DPRD juga sibuk rapat pembahasan APBD DKI.

"Masa bakti kita hanya sampai tanggal 25 Agustus. Tanggal 26 ada pelantikan anggota DPRD yang baru. Pada tanggal 10 Juli saya sudah menyerahkan tatib tentang pemilihan wagub kepada Pak Sekwan untuk dilanjutkan kepada Rapimgab. Hanya sampai sekarang karena melihat banyaknya kegiatan kemudian pembahasan APBD ini kemudian sampai hari ini belum terlaksana," jelasnya.


(fdu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com