ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:49 WIB

Tantangan Eksternal-Internal Menanti Menko Polhukam Kabinet Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Tantangan Eksternal-Internal Menanti Menko Polhukam Kabinet Jokowi Ilustrasi (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo tengah mencari menteri untuk kabinetnya di periode 2019-2024, salah satunya Menko Polhukam. Ada tantangan terkait eksternal hingga internal yang dinilai perlu dipenuhi oleh sosok Menko Polhukam tersebut.

"Tantangan kita menurut saya ada tantangan eksternal, internal," kata Wakil Ketua DPR Bidang Korpolkam Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Salah satu tantangan eksternal yang dimaksudkan Fadli adalah persoalan regional kawasan Indonesia. Fadli mengatakan regional kawasan Indonesia berpotensi dilanda konflik yang cukup besar.

"Eksternal ya saya kira regional kawasan kita ini juga dilanda oleh berbagai potensi konflik yang cukup besar. Laut China Selatan, Semenanjung Korea, dan juga teror dan sebagainya," ujarnya.


Tantangan berikutnya adalah ancaman terorisme. Fadli mengatakan perlunya mengetahui benih-benih tumbuhnya terorisme.

"Tapi cara pendekatan itu yg paling penting itu bisa mengetahui bagaimana ancaman terorisme misalnya itu apa yang menjadi benih-benih tumbuhnya terorisme. Jangan terorisme digadang-gadang, diangkat-angkat tapi sebenarnya nggak ada," kata Fadli.

"Jadi justru harus keberhasilan itu tidak ada lagi teroris, kalau masih ada teroris namanya gagal," sambung dia.

Sementara itu, terkait kriteria menteri, Fadli meminta Jokowi mencari orang-orang yang terbaik di bidangnya. Terutama yang memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas, dan orang yang memang mau bekerja.

"Bukan karena posisi gitu loh, yang memang ahli di bidangnya bukan orang yang lagi belajar. Kalau lagi belajar dia nggak akan tahu mengendalikan urusannya di bidang apa pun menteri itu. Jadi sebaiknya cari menteri orang-orang yang ahli," pungkas dia.

Apakah Detikers memiliki usul nama Menko Polhukam yang bisa memenuhi tantangan tersebut? Yuk sampaikan lewat 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dengan mengisi form survei berikut ini.
(mae/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed