detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 13:29 WIB

Demokrat Ingin Merapat ke Jokowi, Gerindra Masih Tunggu Sikap Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Demokrat Ingin Merapat ke Jokowi, Gerindra Masih Tunggu Sikap Prabowo Foto: Fadli Zon dan Prabowo Subianto (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) ingin memperkuat pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Bagaimana dengan Gerindra yang dulu satu koalisi bersama PD mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019?

"Kalau Gerindra sebagaimana disampaikan ini kita serahkan semuanya ke Pak Prabowo, kita sudah berikan mandat kepada beliau untuk menentukan sikap Gerindra berada dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan itu akan disampaikan pada waktunya," kata Waketum Gerindra Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Fadli mengatakan, apapun posisi Gerindra nanti, baik di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan merupakan hal yang baik.

"Kalau kita dalam pemerintahan harus efektif bekerja dalam rangka membangun kepentingan bangsa yang lebih besar. Tapi di luar pemerintahan merupakan suatu opsi untuk melakukan checks and balances," ujarnya.

Di sisi lain, Fadli pun menghargai sikap Demokrat yang arah politiknya mulai mendukung Jokowi. Menurut dia, hal itu merupakan hal yang wajar.

"Ya kalau menurut saya setiap parpol pasti akan punya pandangan politiknya masing-masing. Baik yang akan ikut bersama pemerintah atau yang berada di luar pemerintahan. Itu adalah hal yang wajar dalam demokrasi tentu time table tergantung dari parpol masing-masing dan kita menghargai di manapun posisi itu," kata Fadli.

"Baik di dalam ataupun di luar karena saya yakin dua-duanya itu mempunyai posisi yang strategis ya, hitung-hitungan politik tergantung juga konstituen dan saya kira tergantung arah dari parpol tersebut. Jadi saya kira hal yang wajar dalam berdemokrasi," sambung dia.


Sikap Demokrat itu sebelumnya disampaikan salah satu elite partai. PD disebut siap memperkuat pemerintahan Jokowi di periode kedua.

"Kalau ditanya ke mana arah politik Partai Demokrat, ya, arahnya adalah untuk memperkuat pemerintahan Pak Jokowi ke depan," kata Kadiv Hukum dan Advokasi DPP PD Ferdinand Hutahaean kepada wartawan, Senin (12/8).



Demokrat Dukung Jokowi, Golkar Senang Koalisi Parlemen Menguat:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed