detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 11:40 WIB

Laporan Dari Mekah

Jemaah Haji Nafar Tsani Tuntaskan Melontar Jamrah

Ardhi Suryadhi - detikNews
Jemaah Haji Nafar Tsani Tuntaskan Melontar Jamrah Jemaah haji melontar jamrah. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Mekah - Prosesi wajib haji melontar jamrah akhirnya telah diselesaikan jemaah haji yang memilih nafar tsani atau mabit (bermalam) hingga tanggal 13 Zulhijah.

Kondisi Mina terlihat sudah lengang sejak Selasa tanggal 12 Zulhijah atau 13 Agustus 2019. Hal ini lantaran sudah banyak jemaah yang memilih nafar awwal.

Saking sepinya, bus yang mengangkut jemaah bisa langsung masuk dan parkir di depan maktab. Jika kemarin -- ketika puncak kepadatan di Mina -- bus harus parkir jauh sehingga jemaah mau tak mau mesti berjalan kaki hingga 3-4 km untuk bisa sampai tenda di maktab.


Alhasil, para jemaah haji nafar tsani pun terlihat lebih nyaman saat berjalan ke jamarat untuk melontar jamrah. Tak ada lagi desak-desakan di sepanjang jalan maupun di dalam maktab.

Dalam pantauan detikcom, banyak jemaah yang menuntaskan melontar jamrah di tanggal 13 Zulhijah pada pagi hari usai salat subuh. Dimana selanjutnya setelah itu mereka pun langsung meninggalkan Mina.


Jemaah haji asal Indonesia tercatat ada 120 ribu jemaah yang melakukan nafar awwal atau bermalam di Mina sampai 12 Zulhijah. Mereka mulai meninggalkan tenda-tenda di Mina pada Selasa mulai pukul 07.00 pagi untuk selanjutnya menuju Mekah atau hotel di mana mereka menetap.

Sebaliknya, jika di Mina terpantau sepi maka pergerakan jemaah ke kota Mekah justru membuat situasi di Masjidil haram kembali padat.

Banyak jemaah yang menuntaskan melontar jamrah di tanggal 13 Zulhijah pada pagi hari usai salat subuh. Banyak jemaah yang menuntaskan melontar jamrah di tanggal 13 Zulhijah pada pagi hari usai salat subuh. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

Mulai dari Selasa (13/8/2019) siang kepadatan itu sudah terasa, dan puncaknya saat sore hari menjelang salat Maghrib jemaah Indonesia mulai meramaikan Baitullah.

Nafar, dari segi bahasa artinya rombongan. Sedangkan menurut istilah adalah keberangkatan jemaah haji meninggalkan Mina pada hari-hari tasyrik. Nafar terbagi dua bagian yakni nafar awal dan nafar tsani.

Nafar awal artinya para jemaah bakal meninggalkan Mina pada tanggal 12 Zulhijah, dan dilakukan sebelum terbenam matahari. Sementara jika memilih nafar tsani maka jemaah akan meninggalkan Mina pada 13 Zulhijah.

Dengan tuntasnya mabit di Mina sekaligus melontar jamroh, maka bisa dibilang prosesi ibadah haji para jemaah sudah rampung sekitar 95%. Setelah sebelumnya mereka menjalankan wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, tawaf ifadha, sa'i serta tahallul.

Selanjutnya, jemaah tinggal melakukan tawaf wada alias tawaf perpisahan di Masjidil Haram sebelum meninggalkan kota Mekah. Di mana jemaah haji akan melanjutkan perjalanan ke Madinah atau pulang ke Tanah Air.



Simak video Perjuangan Jemaah Haji Mabit di Mina:

[Gambas:Video 20detik]


(ash/aan)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed