ADVERTISEMENT
detikNews
2019/08/13 22:09:05 WIB

Round-Up

TNI Pertahankan Enzo Allie, Minta Maaf atas Kontroversi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
TNI Pertahankan Enzo Allie, Minta Maaf atas Kontroversi Enzo Zenz Allie (Foto: Situs TNI AD)
Jakarta - Sosok taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie, sempat jadi kontroversi karena viral dikaitkan dengan organisasi terlarang. Pada akhirnya, Enzo tetap dipertahankan TNI.

Keberadaan Enzo di Akmil awalnya ramai dibahas karena sosok blasterannya yang berbeda. Almarhum ayah Enzo adalah warga Prancis, sedangkan ibunya merupakan orang Indonesia. Bahkan sosoknya sempat menarik perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, ketika sidang pantukhir.

Saat itu, Marsekal Hadi bertanya kepada Enzo dalam bahasa Prancis yang kemudian dijawab oleh pemuda itu. Enzo kala itu mengaku ingin menjadi anggota Kopassus.


Enzo Zenz Allie / Enzo Zenz Allie (Foto: Situs TNI AD)


Beberapa hari setelah videonya viral, kabar lain tentang Enzo meyeruak. Beredar foto pemuda diduga Enzo yang membawa bendera tauhid. Bersamaan dengan foto itu, beredar narasi Enzo punya keterkaitan dengan organisasi yang sudah dilarang di Indonesia, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Kabar itu sempat membuat riuh di media sosial. Bahkan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pun angkat bicara. Mahfud Md sempat menilai TNI kecolongan soal Enzo.



Hingga akhirnya, TNI AD mengambil sikap. Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memberikan penjelasan pada Selasa (13/8/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed