detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 14:02 WIB

PDIP Menang di DKI, Megawati Bakal Tentukan Nama Calon Ketua DPRD

Arief Ikhsanudin - detikNews
PDIP Menang di DKI, Megawati Bakal Tentukan Nama Calon Ketua DPRD ILUSTRASI/Gedung DPRD DKI Jakarta/Foto: Ari Saputra
Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) akan mengisi kursi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menentukan nama calon ketua DPRD DKI.

"Iya, kalau PDI Perjuangannya ketua, iya. Cuma siapanya, nanti DPP yang mutusin," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono saat dihubungi, Selasa (13/8/2019).

PDIP berhak menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta 2019-2024 karena memiliki jumlah kursi terbanyak dengan 25 kursi. Di posisi kedua, ada Partai Gerindra dengan 19 kursi, disusul PKS dengan 16 kursi.




Gembong menyebut semua keputusan ada di tangan Megawati. Megawati menurutnya punya hak prerogatif untuk menentukan nama.

"Iya (Megawati yang memutuskan), dari DPP. Itu penugasan nanti dari DPP siapa yang ditugaskan dari 25 anggota yang terpilih itu," kata Gembong yang juga Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta.

Namun Gembong belum mengetahui kandidat kuat yang bakal menjadi ketua DPRD. "Ya kita enggak tahu lah, DPP lah (yang tentukan)," kata Gembong.

KPU DKI sudah menetapkan kursi dan calon anggota legislatif terpilih dalam Pileg 2019. Sebanyak 106 orang ditetapkan sebagai anggota DPRD DKI Jakarta terpilih.



Tonton juga video 20 Tahun Pimpin PDIP, Megawati Bicara Regenerasi:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com