detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 13:48 WIB

Terapkan Pergub Bogor Asri, Bupati: 17 Agustus Kita Merdeka dari Plastik

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Terapkan Pergub Bogor Asri, Bupati: 17 Agustus Kita Merdeka dari Plastik Foto: Bupati Bogor Ade Yasin (Sachril-detik)
Bogor - Tidak hanya Kota Bogor, Kabupaten Bogor juga memberlakukan pelarangan penggunaan kantong plastik. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pelarangan ini akan dimulai dari 17 Agustus 2019.

"Sudah siap kita juga (pelarangan kantong plastik). Itu kan persiapannya sudah lama ya. Pas 17 Agustus di hari Kemerdekaan Indonesia, sekalian juga kita merdeka dari plastik," katanya, di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Komplek Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (13/8/2019).

Ade menjelaskan, pelarangan penggunaan kantong plastik ini tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Asri Tanpa Plastik. Pada penerapan awalnya, tempat pembelajaran modern di Kabupaten Bogor dilarang menggunakan kantong plastik.



"Harus berlaku di semua. Cuma kan kalau di pasar tradisional mungkin menyesuaikan dirinya agak lama. Diutamakan pasar modern dulu," jelasnya.

Ade juga mengungkapkan, masyarakat harus membawa tempat belanjaannya sendiri ketika akan berbelanja di toko-toko modern. Ia ingin agar masyarakat terbiasa dan bisa menyesuaikan diri.



"Kita biasakan masyarakat membawa tasnya, tas belanjaan dari rumah. Itu yang harus kita kembalikan. Seperti zaman dulu, nenek kita kalau belanja ke pasar kan bawa keranjang," imbuh Ade.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Asri Tanpa Plastik akan diberlakukan mulai 17 Agustus 2019. Sosialisasi terkait peraturan tersebut terus digalakkan.

Ade juga menjelaskan, pihaknya sudah memberikan sanksi kepada warga yang membuang sampah sembarangan. Bahkan, menurut Ade, beberapa kasus di antaranya sudah naik ke pengadilan.

"Satpol PP bisa menindak warga yang membuang sampah sembarangan. Ada perda-nya. Dan beberapa warga yang ditangkap karena membuang sampah sembarangan, telah naik ke pengadilan. Itu supaya memberi efek jera," beber dia, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Kamis (1/8/2019) lalu.



Tonton juga video Bupati Solok Selatan Dipanggil Ombudsman Terkait drg Romi:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com