detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 13:23 WIB

Bupati Bogor Dukung Pembentukan Provinsi Bogor Raya, Ini Alasannya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Bupati Bogor Dukung Pembentukan Provinsi Bogor Raya, Ini Alasannya Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan ada usulan pembentukan provinsi Bogor Raya. Bupati Bogor Ade Yasin mendukung usulan tersebut.

"Oh siap, kita kan saudara kembar. Ade kakak lah," katanya, di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Komplek Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (13/8/2019).



Ade menjelaskan, ada 27 wilayah yang terbagi di provinsi Jawa Barat. Jumlah ini, kata Ade, terlalu banyak dan cukup berat.

Agar masyarakat bisa mendapat pelayanan yang merata dan mudah, menurut Ade, perlu dilakukan pemekaran. Ade pun lantas mencontohkan pemekaran yang terjadi di Kabupaten Bogor.

"Nih ya, Kabupaten Bogor saja kalau ini dimekarkan, ada Kabupaten Bogor, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur. Ada tiga," lanjut dia.



Ade melanjutkan, provinsi Bogor Raya bisa dimekarkan dengan mengambil beberapa wilayah provinsi Jawa Barat.

Selain tiga Kabupaten Bogor itu, beberapa wilayah yang bisa menjadi bagian dari provinsi Bogor Raya adalah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cianjur, Depok, Kota Bogor, Karawang, dan Subang.

"Ini sudah banyak, ada 11 atau 12 (wilayah) kan," tuturnya.



Ia mengaku akan serius menanggapi pembentukan provinsi Bogor Raya meski sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tidak sepakat tentang hal itu. Pembentukan Bogor Raya ini, katanya, bisa terjadi bila berkaca dari provinsi Banten.

"Insya Allah, kalau Bogor-Bogor ini sudah oke, kita anggap dan ajak yang lain," imbuhnya.

Sebelumnya, Bima Arya mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan pengkajian terkait perluasan wilayah Bogor. Di tengah kajian itu, Bima menyebut tim-nya juga menerima usulan terkait pembentukan provinsi baru bernama Bogor Raya.

"Dari usulan. Banyak usulan yang masuk. Jadi Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, diusulkan jadi satu provinsi. Jadi bukan kotanya diperluas, tapi rentan birokrasi nya diperkecil," sambung Bima usai menghadiri acara Creating the Cities of the Future dalam acara Congress of Indonesian Diaspora (CID-5), di Kota Kasablanka, Jalan Casablanca Raya, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8).



Tonton video Kawanan Buaya Hantui Warga Bogor:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com