detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 10:40 WIB

Anies Akan Bahas Wacana Taksi Online Bebas Ganjil Genap dengan Organda

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Akan Bahas Wacana Taksi Online Bebas Ganjil Genap dengan Organda Anies Baswedan (Foto: ANTARA FOTO)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan belum ada keputusan apakah taksi online bisa bebas ganjil-genap atau tidak. Dia mengatakan bakal membahas wacana tersebut dengan berbagai pihak.

"Itu belum menjadi keputusan, karena kita harus bicara dengan semua pihak, termasuk dengan Organda (Organisasi Angkutan Darat). Kita juga akan bicara dengan Dirjen Perhubungan. Yang paling utama adalah menurunkan kepadatan lalu lintas agar bisa menurunkan pencemaran udara akibat kendaraan," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).


Anies mengaku sudah ada pertemuan antara Pemprov dan salah satu penyedia aplikasi transportasi daring atau online. Wacana taksi online bebas ganjil-genap menjadi salah satu hal yang dibahas.

"Kebetulan hari Jumat kemarin pimpinan Grab bertemu dengan kita, bukan hanya bicara ganjil-genap, tapi membicarakan potensi kerja sama banyak hal. Di antaranya adalah ganjil-genap tapi tidak serta-merta sudah ada keputusan bahwa taksi online akan pasti dikecualikan, itu belum," kata Anies.

Anies menyatakan saat ini kebijakan perluasan ganjil-genap masih dalam tahap uji coba. Pemerintah akan melakukan evaluasi dan kebijakan bisa berubah berdasarkan hasil evaluasi masa uji coba.


"Terkait ganjil-genap peraturan Gubernur belum dikeluarkan. Pada saat ini masih dalam fase pembahasan karena itu jangan buru-buru menyimpulkan bahwa nanti akan finalnya seperti apa. Kita sedang mengkaji aturan yang ada. Kita sedang berbicara pada semua stakeholder," kata Anies.

Uji coba perluasan rute ganjil-genap di Jakarta telah dilakukan sejak Senin (12/8). Uji coba rencananya berlangsung hingga 6 September 2019.

Berikut ini ruas jalan yang terkena kebijakan perluasan ganjil genap di Jakarta:

1. Jl Pintu Besar Selatan
2. Jl Gajah Mada
3. Jl Hayam Wuruk
4. Jl Majapahit
5. Jl Sisingamangaraja
6. Jl Panglima Polim
7. Jl Fatmawati (mulai simpang Jl Ketimun 1 sampai simpang Jl TB Simatupang)
8. Jl Suryopranoto
9. Jl Balikpapan
10. Jl Kyai Caringin
11. Jl Tomang Raya
12. Jl Pramuka
13. Jl Salemba Raya
14. Jl Kramat Raya
15. Jl Senen Raya
16. Jl Gunung Sahari, dan
Segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dan segmen pintu keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat.

Ganjil-genap berlaku pada Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional. Aturan ini berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.
(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed