detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 18:00 WIB

KPU Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Banten, Gerindra Terbanyak

M Iqbal - detikNews
KPU Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Banten, Gerindra Terbanyak KPU menetapkan perolehan kursi DPRD Banten. (Iqbal/detikcom)
Cilegon - KPU Banten menetapkan perolehan jumlah kursi di DPRD Provinsi Banten. Kursi terbanyak diraih oleh partai Gerindra sebanyak 16 kursi.

"Jadi hari ini adalah bahwa tahapan-tahapan sudah kita lampaui. Sedianya kita lebih awal, tetapi dari proses yang ada, ada caleg dari beberapa parpol yang mengajukan gugatan. Mau tidak mau proses itu harus dilampaui dan kita menunggu keputusan dari MK. Alhamdulillah Jumat kemarin sudah selesai dilaksanakan dan hari ini sama-sama melakukan penetapan yang sudah dilampaui," kata Ketua KPU Banten Wahyu Furqon di Cilegon, Senin (12/8/2019).



Runner-up diraih oleh PDI Perjuangan dengan 13 kursi, disusul Golkar dan PKS masing-masing 11 kursi. Kursi paling buncit didapatkan oleh Berkarya, PSI, dan Hanura masing-masing 1 kursi.

Melalui rapat pleno, KPU menetapkan calon terpilih. Ada 85 kursi di DPRD Banten. Dalam rapat tersebut, hanya tiga perwakilan partai yang tidak hadir, yakni PBB, PKPI, dan Partai Garuda.

"Untuk parpol tingkat provinsi tidak terkena syarat PT 4 persen, jadi seluruh parpol boleh mengikuti perolehan kursi sepanjang parpol cukup untuk mendapatkan kursi," ujarnya.

Berikut perolehan kursi di DPRD Banten:

PKB: 7 kursi
Gerindra: 16 kursi
PDIP: 13 kursi
Golkar: 11 kursi
NasDem: 4 kursi
Partai Garuda: 0 kursi
Berkarya: 1 kursi
PKS: 11 kursi
Perindo: 0 kursi
PPP: 5 kursi
PSI: 1 kursi
PAN: 6 kursi
Hanura: 1 kursi
Demokrat: 9 kursi
PBB: 0 kursi
PKPI: 0 kursi

Jumlah: 85 kursi

Hasil penetapan perolehan kursi untuk masing-masing partai politik akan segera diserahkan ke masing-masing parpol dan pemerintah daerah juga Kemendagri.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed