detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 17:42 WIB

Sidang Sofyan Basir

Novanto Mengaku Tak Pernah Kenalkan Sofyan Basir ke Kotjo

Zunita Putri - detikNews
Novanto Mengaku Tak Pernah Kenalkan Sofyan Basir ke Kotjo Setya Novanto ketika bersaksi (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto mengaku tidak pernah sama sekali mengenalkan Sofyan Basir pada Johanes Budisutrisno Kotjo. Perkenalan tersebut terjadi ketika Sofyan menjabat Direktur Utama (Dirut) PT PLN, sedangkan Kotjo adalah pengusaha yang ingin mengerjakan proyek PLN yaitu PLTU Riau-1.

Mulanya jaksa KPK menanyakan berita acara pemeriksaan (BAP) Novanto dalam perkara Eni Maulani Saragih. Eni adalah mantan anggota DPR yang telah diadili dalam perkara tersebut dan terbukti bersalah menerima suap dari Kotjo.

"Ini ada keterangan saksi pada perkara Eni. Ada kalimat ini, 'Pada akhirnya saksi memperkenalkan Johanes Budisutrisno Kotjo dengan Dirut PLN di kantor saksi'," tanya jaksa pada Novanto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).



Dalam sidang itu Novanto duduk sebagai saksi, sedangkan yang duduk sebagai terdakwa adalah Sofyan. Sofyan diadili karena diduga memfasilitasi Eni mendapatkan suap dari Kotjo.

"Oh nggak pernah. Nggak pernah saya buat BAP demikian. Tidak pernah sekali pun. Bisa ditanyakan langsung ke beliau (Sofyan)," jawab Novanto atas pertanyaan jaksa tersebut.

Namun Novanto mengaku pernah memberitahu Kotjo agar bersurat ke PLN. Saat itu Kotjo memang tengah berupaya mendekati pihak PLN demi mendapatkan proyek.

"Jadi dia (Kotjo) tanya ke saya, 'Apakah kenal sama Dirut PLN?' Saya bilang, 'Ya kenal beberapa dirut kenal di antaranya adalah ini (Sofyan). Terus dia tanya, 'Kalau mau ketemu gimana?' Saya bilang gini aja, 'Tjo, buat surat aja kepada PLN, nanti biasanya ditanggapi', gitu," kata Novanto.

Novanto Mengaku Tak Pernah Undang Eni

Selain persoalan di atas, jaksa mencecar Novanto tentang pertemuannya dengan Sofyan di kediamannya. Novanto menyebutkan dalam pertemuan itu hadir Sofyan sebagai Dirut PLN, Supangkat Iwan Santoso sebagai Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN, dan Eni. Namun Novanto mengaku tidak mengundang Eni.

"Bu Eni itu kenapa ada di situ?" tanya jaksa.

"Ya karena beliau di Komisi VII, terus beliau juga ada pada saat rapat dan ternyata juga ikut di situ. Pada waktu itu beliau sampaikan itu program-program yang nanti juga dia akan disampaikan di rapat Komisi VII," jawab Novanto.




Setelah dicecar lagi, Novanto menyebut sebenarnya Eni tidak diundang dalam pertemuan itu. Dia mengaku juga tidak tahu kenapa tiba-tiba Eni berada di rumahnya.

"Wah saya nggak tahu. Emang Bu Eni datang-datang, dia juga karena dia kader Golkar sering sama teman-teman Golkar ke sana," katanya.

"Apa saksi nggak undang Bu Eni?"

"Nggak ada," kata Novanto.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com