detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 14:35 WIB

Karnaval 17 Agustus 2019, Ini 5 Tema Kostum yang Bisa Jadi Pilihan

Abdul Jalil - detikNews
Karnaval 17 Agustus 2019, Ini 5 Tema Kostum yang Bisa Jadi Pilihan Karnaval 17 Agustus 2019, Ini 5 Tema Kostum yang Bisa Jadi Pilihan/Foto: Suasana Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. (Wisma Putra/detikcom).
Jakarta - Seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dengan bermacam perayaan. Selain perlombaan, yang menarik adalah karnaval 17 Agustus.

Karnaval identik dengan pawai kostum hingga pertunjukan budaya. Namun sering ditemui kostum unik dan lucu, serta memberikan hiburan tersendiri bagi yang menyaksikan.

Nah, berikut tema kostum karnaval, yang bisa jadi ide karnaval 17 Agustus dirangkum dari berbagai sumber:



1. Pakaian Adat

Nusantara memiliki beragam suku dan adat istiadat. Nah, yang bisa diambil untuk tema karnaval adalah pakaian adat.

Berbagai pakaian adat yang ada Indonesia bisa jadi pilihan. Mulai dari yang terlihat ribet, seperti pakaian kerajaan, sultan, dan keraton hingga pakaian yang sederhana dan mudah dibuat, seperti pakaian adat dari Papua.

2. Tema Pendidikan

Tema ini tidak hanya dilakukan untuk anak-anak, bahkan anak muda hingga orang yang sudah tua. Bisa jadi untuk mengenang masa sekolah, atau untuk sekadar bertingkah lucu, melihat kakek-kakek berseragam SD dan membawa tas, layaknya anak sekolah, pasti membuat kita tertawa.

3. Tema Profesi

Tema ini sering dipakai di karnaval, karena banyak jenis profesi yang dipilih. Kostumnya pun cukup mudah didapatkan. Anak-anak biasanya memakain kostum profesi yang mereka cita-citakan, seperti kostum polisi, TNI, dan dokter. Namun ada juga yang memakai profesi masyarakat biasa, seperti nelayan, petani, dan sebagainya.

4. Cosplay Superhero Indonesia

Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki superhero versi lokal. Tema itu yang kemudian diangkat di beberapa karnaval yakni memperkenalkan tokoh superhero Indonesia, seperti Gatot Kaca, Wiro Sableng, Si Pitung, Si Buta dari Goa Hantu, dan sebagainya. Terkadang bagi orang dewasa, hal itu bisa mengenang tontonan masa kecilnya dulu.



5. Kostum Unik dan Lucu

Nah, tema karnaval kemerdekaan yang terakhir, adalah tema kostum lucu. Biasanya orang-orang yang kreatif akan membuat kostum yang unik dan lucu, yang tidak biasa dipikirkan orang-orang. Kostum yang mereka buat biasanya perpaduan dari tema kostum di atas, bahkan ada yang hanya dengan mewarnai wajah dan tubuhnya seperti badut, hantu tuyul, dan kesan horor lain yang malah terkesan lucu dan bikin tawa.


(nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com