detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 09:20 WIB

Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Jalan Tikus Hindari Perluasan Ganjil-Genap

Matius Alfons - detikNews
Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Jalan Tikus Hindari Perluasan Ganjil-Genap Foto: Kasie Gakkum Dishub DKI Jakarta, August Fabian (Alfons/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai mensosialisasikan perluasan ganjil-genap di beberapa wilayah DKI Jakarta pagi ini. Dishub memastikan tidak ada rute alternatif hindari ganjil-genap ini.

"Ya ada pertanyaan lah rute alternatif, nah tapi kita jawab rute alternatif tidak ada, karena di semua simpang yang masuk ruas jalan tersebut sudah kita sosialisasikan perluasan ganjil-genap. Semua simpul habis ini dikunci, nggak ada lagi rute alternatif, kalau dulu kan ada nih alternatif pengalihan ganjil-genap, ah itu dulu ada, sekarang udah nggak ada ya," kata Kasie Gakkum Dishub DKI Jakarta, August Fahmi kepada detikcom di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

August memastikan semua simpul di DKI Jakarta yang terkena dampak perluasan akan dikunci dengan ganjil-genap. Menurutnya tidak ada alternatif hindari ganjil-genap ini.

"Semua simpul habis ini dikunci, ga ada lagi rute alternatif, kalau dulu kan ada nih alternatif pengalihan ganjil-genap, ah itu dulu ada, sekarang udah ga ada ya," ucap August.

Selanjutnya August menjelaskan perluasan ganjil-genap ini diterapkan agar masyarakat beralih moda transportasi. Menurutnya selain menekan angka kecelakaan, berkurangnya kendaraan roda empat juga menekan polusi udara di DKI Jakarta.

"Ngaruhnya kan sama otomatis berkurangnya pengendara roda empat di jalanan tingkat kecelakaan juga diharapkan menurun, kemudian ya tentu polusi yang dihasilkan kendaraan, semakin sedikit yang bawa kendaraan pribadi otomatis menekan lah," sebutnya.

Seperti diketahui, hari ini uji coba perluasan ganjil-genap akan diberlakukan pada 16 ruas jalan. Durasi ganjil-genap pun diperpanjang. Kini, Ganjil Genap berlaku pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Durasi di malam hari ditambah.

Uji coba ini akan berlangsung hingga 6 September 2019 mendatang. Sementara sosialisasi telah berlangsung sejak 7 Agustus lalu hingga 8 September 2019 mendatang. Sedangkan implementasi dan penegakan hukum akan mulai dilakukan pada 9 September 2019.



Video Menhub Minta Ganjil-Genap Adil Buat Taksi Online:

[Gambas:Video 20detik]


(maa/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com