detikNews
Minggu 11 Agustus 2019, 08:21 WIB

Jadi Khatib Salat Idul Adha di Al Azhar, Haedar Nashir Tekankan Persatuan

Jeffrie Nandy Satria - detikNews
Jadi Khatib Salat Idul Adha di Al Azhar, Haedar Nashir Tekankan Persatuan Foto: Haedar Nashir menjadi khatib salat Idul Adha di Masjid Al Azhar (Jeffrie/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjadi khatib salat Idul Adha di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan. Haedar mengingatkan kepada jemaah pentingnya memelihara persatuan bangsa.

"Pasca Idul Adha dan berkurban setiap muslim secara individu dan kolektif niscaya menjadi suri teladan dalam mereka persaudaraan, saling membantu, tolong menolong, kebersamaan, dan keutuhan hidup bersama sesama umat manusia di manapun berada," kata Haedar di Lapangan Masjid Al Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

Haedar menuturkan perbedaan agama, suku, hingga pilihan politik jangan sampai merusak solidaritas bangsa. Inti dari Idul Adha, menurut Haedar, adalah terus menjalin solidaritas sosial kepada sesama warga.

"Perbedaan agama, golongan, suku bangsa, kedaerahan, pilihan politik, dan keragaman latar belakang lainnya jangan merusak jalinan solidaritas sosial yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang mayoritas muslim," ujarnya.

Haedar menuturkan solidaritas sosial harus terus dikampanyekan. Menurutnya, hal itu penting untuk menciptakan harmonisasi sosial.

"Budaya dan praksis solidaritas sosial juga disebarluaskan guna menciptakan harmonisasi sosial yang memupuk benih-benih kepeduliaan, keberbagian, toleransi, welas asih, damai, dan saling memajukan yang membawa pada kebajikan hidup kolektif yang luhur dan utama," jelasnya.


Khotbah di Masjid Istiqlal akan Diterjemahkan ke Bahasa Isyarat:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed