detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 18:38 WIB

Survei Cyrus: 58% Publik Setuju Organisasi Anti-Pancasila Dibubarkan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Survei Cyrus: 58% Publik Setuju Organisasi Anti-Pancasila Dibubarkan Foto ilustrasi. (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jakarta - Cyrus Network merilis hasil survei nasional mengenai pendapat publik terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dari hasil survei menyatakan 47% publik menilai Pancasila sebagai alat perekat dan pemersatu bangsa.

"Pancasila adalah alat perekat dan pemersatu bangsa sebanyak 47%, Pancasila adalah satu-satunya ideologi negara yang sudah final sebanyak 23,3%," kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam pemaparan hasil survei di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).



Eko menambahkan ada sebagian publik yang menginginkan ideologi bangsa selain Pancasila. Menurutnya, ada 11% menginginkan Indonesia seharusnya menerapkan syari'at Islam karena Islam agama mayoritas.

"Khilafah adalah ajaran agama Islam sebanyak 4,7%, yang tidak tahu/tidak jawab sebanyak 11,8%," papar Eko.

Survei nasional tersebut dilakukan pada 22-28 Juli 2019. Survei ini mengambil sampel dari 1.230 responden yang berada di 34 provinsi.



Tekait survei tersebut responden yang dipilih hanya beragama Islam. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan margin of error 3 persen.

Selain itu, Eko mengatakan Cyrus Network juga melakukan survei tentang pendapat masyarakat mengenai organisasi yang diduga bertentangan dengan Pancasila. Menurut Eko, 58% masyarakat setuju pembubaran organisasi yang bertentangan dengan Pancasila melalui mekanisme hukum.

"Membubarkan melalui mekanisme hukum sebanyak 58%, menangkap para pemimpin dan orang-orang yang terlibat di dalamnya sebanyak 14,4%, melakukan penyadaran melalui kampanye deradikalisasi sebanyak 6,8%, memasukan kurikulum deradikalisasi dalam pendidikan sebanyak 3%, lainnya sebanyak 0,7%, dan tidak tahu/tidak jawab sebanyak 17,1%," papar Eko.



Kemudian, responden diberi pertanyaan spontan 'berdasarkan pengamatan dan pendapat Anda, organisasi apakah yang bertentangan dengan Pancasila dan masih hidup di Indonesia?' Menurutnya, publik menjawab ada lima organisasi.

Berikut hasil survei Cyrus Network mengenai organisasi yang bertentangan dengan Pancasila

ISIS: 10,8 persen
HTI: 10,8 persen
PKI: 10,8 persen
FPI: 4,8 persen
OPM: 1,4 persen
Lainnya: 4,6 persen
Tidak ada: 14,6 persen
Tidak tahu/tidak menjawab: 43 persen




Tonton Video PBNU: Ormas yang anti-Pancasila ke Afganistan Saja:

[Gambas:Video 20detik]





(ibh/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed