detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 15:47 WIB

Tiga Alasan Ganjil-Genap di Jakarta Diperluas

Sudrajat - detikNews
Tiga Alasan Ganjil-Genap di Jakarta Diperluas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Mekah -

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyebut ada tiga alasan utama pemberlakuan aturan ganjil-genap diperluas di wilayah DKI Jakarta. Berkaca dari kebijakan serupa saat berlangsungnya Asian Games dan Asian Paragames, hal itu mampu mengatasi kemacetan dan mengurangi polusi udara.

[Gambas:Video 20detik]


"Indikasinya, laju kecepatan kendaraan di beberapa ruas jalan itu bertambah hingga 30%," kata Yusuf kepada detikcom di sela menunaikan ibadah haji di Mekah, Jumat (9/8).



Selain itu, dia melanjutkan, ada pola penggunaan alat transportasi yang berubah, yakni dari kendaraan pribadi ke angkutan umum pada jam-jam tertentu. Yusuf tak khawatir atas kemungkinan ada warga yang menambah kepemilikan kendaraan atau menggunakan pelat nomor ganda. Sebab, polisi di lapangan sudah memiliki aplikasi yang dapat mendeteksi hal semacam itu.



Karena itu, Yusuf memastikan perluasan aturan ganjil-genap ini akan diberlakukan di jalur-jalur yang sudah tersedia sarana transportasi umum yang memadai.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperluas sistem ganjil-genap mulai 9 September menjadi 25 ruas jalan di Ibu Kota. Sosialisasi kebijakan ini bakal dilakukan pada 12 Agustus-8 September dan uji coba dimulai dari 12 Agustus sampai 6 September. Sistem ganjil-genap ini berlaku setiap Senin sampai Jumat, kecuali hari libur. Pemberlakuannya pada pukul 06.00-10.00 dan 16.00-21.00 WIB.





(jat/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com