detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 18:59 WIB

Kemendes PDTT dan Tokopedia Kerja Sama Kembangkan Ekonomi Desa

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kemendes PDTT dan Tokopedia Kerja Sama Kembangkan Ekonomi Desa Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Jakarta - Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Tokopedia, dan 34 universitas melakukan kerja sama untuk mengembangkan perekonomian digital di desa-desa.

Hal tersebut searah dengan target pemerintah Indonesia pada tahun 2020 untuk bisa menjadi pusat ekonomi digital di Asia Tenggara. Faktor saat ini pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia yaitu mencapai 171 juta jiwa. Angka yang tinggi ini diikuti oleh tumbuhnya sektor digital lain.

"Hari ini kita akan bekerja sama dengan Tokopedia, itu pun bukan hanya Tokopedia tapi dengan lembaga-lembaga online lain juga bekerja sama dengan kita. Jadi semua program tersebut tahun lalu itu nilainya bisa sampai Rp 200 triliun," kata Menteri Desa Pembangunan desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo pada acara Peluncuran Serial Buku Manfaat dana Desa di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (7/8/2019).


Kerja sama antara Kemendes PDTT dengan Tokopedia ini ada di bidang marketing. Kerja sama ini memiliki tujuan yang sejalan dalam rangka mengembangkan perekonomian masyarakat desa dan daerah tertinggal serta kawasan transmigrasi di seluruh Indonesia melalui perguruan tinggi.

CEO PT Tokopedia, William Tanuwijaya mengungkapkan visi dan misinya untuk mengembangkan perekonomian digital di desa-desa.

"Misi kami adalah untuk mendorong bagaimana pemerataan ekonomi secara digital. Caranya bagaimana? Yaitu lewat visi kami yaitu membangun sebuah ekosistem di mana pun mereka berada semua masyarakat Indonesia bisa mempunyai kesempatan yang sama lewat ekosistem di mana semua orang dapat mengolahnya dan menemukan sesuatu," tuturnya.

Tujuan itu akan diwujudkan melalui 3 program yaitu Tokopedia Center, Tokopedia Corner dan Tokopedia Scholarship. Tokopedia Center merupakan e-commerce yang dibangun di desa dan daerah tertinggal serta kawasan transmigrasi guna menghubungkan pembeli dan penjual lokal dengan pasar nasional dan menjadi pusat edukasi digital.


Tokopedia Corner adalah tempat pengambilan barang yang terdapat di universitas yang bekerjasama dengan Tokopedia dengan program gratis ongkos kirim yang diperuntukkan bagi mahasiswa dosen dan karyawan aktif untuk setiap pembelian di Tokopedia. Sedangkan Tokopedia Scholarship mahasiswa mendapatkan kesempatan magang kerja dan seminar skill set dan beasiswa.

"Saya sangat senang bisa hadir untuk menandatangani kerja sama yang sangat strategis. Baik dengan Kementerian Desa maupun dengan di universitas-universitas yang ada. Indonesia saat ini menjadi dengan kekuatan ekonomi keempat terbesar di dunia. Mendorong pertumbuhan itu harus diisi oleh ekonomi-ekonomi baru dan salah satu sumber dorongan yaitu ada di desa," ungkapnya.

Untuk mengetahui informasi lainnya dari Kemendes PDTT, klik di sini.




Tonton Video Cara Tokopedia Agar Warga Daerah Bisa Rasakan Belanja di ''Mal'':

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com