detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 17:23 WIB

Polisi Terus Buru Bos Penyuplai Sabu ke Nunung

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Terus Buru Bos Penyuplai Sabu ke Nunung Polisi menunjukkan barang bukti pemasok narkotika ke Nunung. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Setelah menangkap Nunung dan suaminya terkait kasus narkotika, polisi masih memburu jaringan bandar sabu lainnya. Polisi memburu DPO berinisial A dan Zul, yang menjadi target polisi karena diduga menjadi bos besar dari peredaran narkotika itu.

Kasubdit I Ditnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menyebut, setelah polisi menangkap tersangka Nunung-July Jan Sambiran, TB, E, IP dan K, penyidik mulai mengerucut ke DPO A dan Zul. Tersangka K alias Kumis diketahui mendapat sabu dari DPO A dan bos besarnya, yakni tersangka Zul.

"Saat ditangkap, tersangka K sempat melarikan diri dengan membawa 300 gram sabu yang sebelumnya diterima dari DPO A yang kita kembangkan," kata Calvijn di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/8/2019).


Calvijn menyebut saat ini polisi masih mencari keberadaan tersangka A maupun Zul. A berperan sebagai pemasok sabu ke tersangka K sebelum akhirnya tersangka K mengedarkan sabu itu hingga dibeli oleh Nunung.

"DPO A baru muncul setelah kita tangkap K. Barang 300 gram sabu milik K didapat dari A," ungkap Calvijn.
Polisi Terus Buru Bos Penyuplai Sabu ke NunungTersangka pemasok narkotika ke Nunung. (Wildan/detikcom)

K diketahui sudah 6 kali melakukan transaksi pembelian sabu kepada DPO A. Setiap bertransaksi, DPO A selalu menaruh sabu itu di stasiun lalu diambil oleh K.

"Barang yang 300 gram (sabu) diletakkan di Stasiun Cibinong oleh DPO A. Sudah 6 kali pengakuan tersangka K bertransaksi dengan A. Pengakuannya rata-rata 300-400 gram setiap pengambilannya," ungkap Calvijn.


Calvijn menyebut pemilik barang yang berada di posisi atas yakni tersangka Zul. Zul hingga kini masih dicari oleh polisi.

Seperti diketahui, Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap jajaran Polda Metro Jaya di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7), terkait penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Polisi juga menangkap pemasok sabu ke Nunung yakni tersangka TB, E, IP, dan K.

Tersangka E dan IP merupakan narapidana dalam kasus narkotika di lapas di Bogor. Perannya, tersangka E menghubungi IP dan IP menghubungi K untuk mengantarkan barang ke TB sebelum akhirnya TB memberikan sabu itu Nunung.


(sam/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com