detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 15:05 WIB

Motor Kebal Ganjil Genap di Jakarta, tapi Akan Dikanalisasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Motor Kebal Ganjil Genap di Jakarta, tapi Akan Dikanalisasi Ilustrasi Jalan di Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Sepeda motor masih bebas dari pemberlakuan ganjil-genap di Jakarta. Meski demikian, Dishub DKI sudah menyiapkan kebijakan khusus bagi para pengendara motor.

"Jika kita analisa secara dalam, sepeda motor saat ini cukup tinggi pada koridor yang ada ganjil-genap. Tapi setelah kita lakukan analisis mendalam, pola pergerakan kendaraan bermotor pada koridor ganjil-genap tadi tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan kinerja lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Rabu (7/8/2019).


Syafrin mengakui pengendara sepeda motor kerap kurang tertib di jalan. Oleh sebab itu, Dishub DKI merancang penertiban lewat kanalisasi.

"Memang, pada saat tertentu itu karena sepeda motor tadi kurang tertib dalam menggunakan lajur. Oleh sebab itu, dengan upaya kami melakukan penertiban lalin ke depan, akan kami masifkan apa yang disebut dengan kanalisasi sepeda motor," ucapnya.


Nantinya, para pengendara sepeda motor akan diarahkan untuk menggunakan lajur paling kiri dari ruas jalan. Menurut Syafrin, hal itu bisa menjamin keselamatan dan ketertiban pengendara motor.

"Ini kami bersama rekan-rekan kepolisian akan mendorong ini," ujar Syafrin.

Selain motor, kendaraan listrik kebal dari ganjil-genap. Pengecualian juga diberikan untuk kendaraan dinas hingga kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara.


Dishub DKI Kaji Penerapan Ganjil Genap untuk Motor:

[Gambas:Video 20detik]


Motor Kebal Ganjil Genap di Jakarta, tapi Akan Dikanalisasi

(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com