detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 11:06 WIB

Anies Minta Oknum Suporter Penyerang Kafe Nobar PSM-Persija Ditindak

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Minta Oknum Suporter Penyerang Kafe Nobar PSM-Persija Ditindak Anies Baswedan (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta polisi menindak oknum suporter Persija yang diduga melakukan penyerangan ke kafe di Tebet, Jakarta Selatan, seusai acara nonton bareng (nobar) final Piala Indonesia laga PSM versus Persija. Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait kejadian tersebut.

"Semua pelanggaran hukum harus ditindak secara hukum. Saya komunikasi dengan Pak Kapolda (Metro Jaya), mereka yang lakukan tindak pidana akan dilakukan proses tindak pidana, polisi proses itu," ucap Anies di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).


Anies mengimbau semua pihak, khususnya suporter Persija, yaitu The Jakmania, tidak melakukan tindakan perusakan. Ia pun menegaskan tindakan melawan hukum harus dikenai sanksi.

"Saya imbau kepada semua yang rapih dan tertib, jangan lakukan pelanggaran. Ketika melakukan pelanggaran itu sudah masuk tindakan tanah pidana dan diproses kepolisian. Pesan kepada semuanya bahwa kita sama-sama jaga ketertiban, bila melanggar, akan diproses hukum," ucapnya.


Mengenai pertandingan Piala Indonesia antara PSM dan Persija, Anies mengapresiasi pemain Persija dan para pendukung. Dia mengatakan urusan kalah dan menang dalam pertandingan merupakan hal yang wajar.

"Teman-teman kerja all-out, suporter pun sudah all-out mendukung, sebagai sebuah ikhtiar, ini ikhtiar yang sangat baik," kata Anies.

"Karena itu, jaga pertemanan, jaga persaudaraan. Kita jaga sama-sama. Tunjukkan sportivitas dan mari kita dukung terus. Insyaallah Persija akan tampil menjadi pemenang di putaran-putaran berikutnya," imbuh dia.


Sebelumnya, Kafe Komandan diserang sekelompok orang seusai nobar final Piala Indonesia dalam laga PSM melawan Persija. Kapolres Jaksel Kombes Indra Jafar menyebut penyerangan bermula saat suporter yang melintas melempari kafe.

"Ketika selesai pertandingan dan salah satu menang dari pihak PSM di dalam ada yang berjoget-joget dan ada diduga suporter Persija yang melintas itu kelihatan melakukan pelemparan," ujar Indra di lokasi, Jalan KH Abdullah Syafei, Tebet, Selasa (6/8).

Menurut Indra, nobar suporter PSM di Kafe Komandan tidak dilaporkan ke polisi. Tapi polisi ditegaskan Indra sudah berupaya mencegah penyerangan.

"Kepolisian mencoba menghalau karena seketika itu juga ada beberapa dari seberang ikut lempar. Seperti yang dilihat di medsos," kata Indra.


Sekelompok Pemuda Menyerang Lokasi Nobar PSM vs Persija:

[Gambas:Video 20detik]




(aik/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com