detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 16:19 WIB

Udara DKI Jakarta Pagi Tadi Terasa Lebih Sejuk, Ini Penjelasan BMKG

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Udara DKI Jakarta Pagi Tadi Terasa Lebih Sejuk, Ini Penjelasan BMKG Ilustrasi gedung di Jakarta (Zhacky/detikcom)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Jakarta - Sejumlah warga menyebut udara di DKI Jakarta pagi tadi terasa lebih sejuk. Apa penyebabnya?

Udara sejuk di DKI Jakarta, Selasa (6/8/2019) pagi tadi, sekitar pukul 07.00 WIB, terasa lebih sejuk ketimbang hari-hari biasa. Ternyata, fenomena ini punya penjelasannya.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
(BMKG) menjelaskan fenomena udara Jakarta yang terasa lebih sejuk pagi tadi. BMKG menyebut suhu minimum di DKI Jakarta hari ini memang lebih dingin jika dibandingkan dengan data 10 hari ke belakang.

"Berdasarkan data yang dimiliki BMKG, tampak udara sejuk yang dirasakan beberapa warga DKI karena suhu minimum hari ini lebih dingin dari suhu minimum 10 hari terakhir," jelas Kepala Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, saat dimintai konfirmasi.

Herizal menyertakan data terkait suhu di DKI Jakarta dari 28 Juli hingga 6 Agustus 2019. Data tersebut menampilkan data minimum temperature DKI Jakarta per 6 Agustus berkisar di angka 24,2 derajat Celsius. Pada hari sebelumnya, angka minimum temperature DKI Jakarta mencapai 25,2 derajat Celsius.


Soal mengapa suhu udara di DKI Jakarta bisa lebih dingin daripada hari sebelumnya, itu juga punya penjelasan tersendiri. Ini ada kaitannya dengan puncak musim kemarau. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pernah menjelaskan puncak musim kemarau di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara akan terjadi pada Agustus 2019.

"Faktornya karena kita sedang memasuki puncak musim kemarau. Di puncak musim kemarau, ketika malam hari udara cerah, maka radiasi bumi yang lepas bebas ke angkasa menyebabkan udara pagi bisa lebih dingin dari biasanya," jelas Herizal.
(gbr/fjp)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed