detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 15:32 WIB

Jadi Tuan Rumah Pekan Ilmiah Nasional, Unud Sambut 1.614 Ilmuwan Muda

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jadi Tuan Rumah Pekan Ilmiah Nasional, Unud Sambut 1.614 Ilmuwan Muda Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim menjelaskan soal pekan ilmiah nasional. (Foto: dok. Istimewa)
Denpasar - Universitas Udayana, Bali, bakal menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXXII tahun 2019. Ajang tahunan ini bakal dihadiri 1.641 mahasiswa dari 126 perguruan tinggi se-Indonesia.

"Ini wahana mendorong kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi mencari temuan-temuan baru di bidang masing-masing," kata Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim dalam keterangannya, Selasa (6/8/2019).

Pekan ilmiah nasional tahunan ini diikuti 126 perguruan tinggi, yaitu 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta. Akan ada 460 judul karya ilmiah yang dinilai oleh 71 juri.



Pimnas ke-32 ini mengusung tema 'Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Kreatif, Inovatif, Unggul, dan Mandiri Berlandaskan Budaya Nasional dalam Bingkai Kebinekaan'. Maskot Pimnas ke-32 yang bakal digelar di Unud Bukit Jimbaran ini bernama Garuda Unggul.



Topi toga dalam maskot ini melambangkan perguruan tinggi sebagai ruang lahirnya inovasi, 32 helai sayap menyimbolkan kegiatan Pimnas yang telah digelar sampai 32 tahun, lalu kemben (saput poleng) yang bermakna keharmonisan dan keberagaman, kaki dan kuku tajam melambangkan fondasi yang kokoh, kemandirian, dan tenaga ketajaman dalam bertindak dan berkarya. Kemudian kacamata melambangkan penelitian, jari yang mengacung ke atas melambangkan doa dan kebijaksanaan dalam berkarya, serta paruh garuda melambangkan keuletan dan kekuatan dalam berkarya.

Rencananya pembukaan Pimnas ke-32 ini bakal digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada Selasa (27/8) mendatang. Menteri Ristekdikti dijadwalkan akan membuka acara ini.
(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com