detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 10:59 WIB

Kenang Mbah Moen, Polri: Kiai NU yang Punya Jiwa Nasionalisme Tinggi

Audrey Santoso - detikNews
Kenang Mbah Moen, Polri: Kiai NU yang Punya Jiwa Nasionalisme Tinggi KH Maimun Zubair (Mbah Moen) (Eva Safitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Mbah Moen Wafat
Jakarta - KH Maimun Zubair atau Mbah Moen meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Mekah. Di mata Polri, Mbah Moen adalah sosok Kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi.

"Beliau adalah sosok Kiai NU yang memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Semangatnya luar biasa," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2019).


Dedi menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi Mbah Moen bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Saat itu, lanjut Dedi, Mbah Moen berbicara dengan semangat mengenai Pancasila dan NKRI.

"Saat saya berkesempatan mengunjungi beliau, beliau begitu bersemangat, apalagi jika sudah berbicara mengenai Pancasila dan NKRI," ucap Dedi.

Dedi mengatakan Mbah Moen juga sosok yang dekat dengan para santrinya. Atas nama institusi, Dedi mengucapkan rasa turut berduka atas wafatnya Mbah Moen.


"Beliau adalah sosok yang sangat dekat dengan santri-santrinya. Sangat terlihat kedekatannya," ujar dia.

"Atas nama Polri mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Kiai Haji Maimun Zubair. Kami mendoakan semoga arwah beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," ungkap Dedi.

Mbah Moen wafat di Mekah, Arab Saudi, dalam rangka menunaikan ibadah haji hari ini, Selasa (6/8). Mbah Moen wafat di salah satu rumah sakit di Mekah, kabarnya di RS An Noor, Kudai.




Tonton video Mbah Moen, Ulama Karismatik Asal Rembang:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/jbr)
FOKUS BERITA: Mbah Moen Wafat
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed