detikNews
2019/08/05 21:02:03 WIB

Round-Up

Bupati Solok Selatan Terima Pelajaran dari drg Romi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Bupati Solok Selatan Terima Pelajaran dari drg Romi drg Romi Syofpa Ismael (Muhammad Ridho/detikcom)


Bupati Solok Selatan, Muzni ZakariaBupati Solok Selatan Muzni Zakaria (Ari Saputra/detikcom)

Nama drg Romi ada di peringkat pertama untuk tes kompetensi. Setelah dicoret, drg Romi memperjuangkan haknya. Dukungan hadir dari gubernur hingga Istana. Dukungan juga datang dari masyarakat sipil lainnya.

Muzni juga meminta maaf atas permasalahan tersebut. Muzni mengatakan permasalahan yang dialami drg Romi akan jadi pelajaran bagi Pemkab Solok Selatan. Dia berjanji mengedepankan rasa keadilan supaya kejadian yang dialami drg Romi tak terulang.


"Kami atas nama Pemkab Solok Selatan didampingi Ibu Rieke dan Ketua Panselda menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan yang terjadi yang mungkin telah melukai hati masyarakat Indonesia, khususnya kawan-kawan dari disabilitas," kata Muzni.

Pemerintah akhirnya memutuskan mengembalikan hak drg Romi sebagai CPNS di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar. Kesepakatan itu disampaikan dalam rapat koordinasi di Kantor Staf Presiden (KSP) hari ini.

"Kami semua bekerja dan merespons masalah ini dengan cepat dan sepakat dokter Romi bisa menjadi CPNS," kata Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, yang memimpin rapat, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (5/8/2019).


Jaleswari mengatakan, kasus ini muncul karena pemda setempat salah menafsirkan sehat jasmani dan rohani sebagai salah satu syarat menjadi CPNS. Jaleswari meminta agar kasus drg Romi ini dapat dijadikan pembelajaran bagi pemda lain. Para penyandang disabilitas, menurut Jaleswari, punya hak dan kesempatan yang sama seperti PNS lain.

"Pemda, BUMD, BUMN wajib mempekerjakan penyandang disabilitas paling sedikit 2 persen," kata Jaleswari.



Berkas Diserahkan ke Menpan, drg Romi Segera Jadi PNS:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com