detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 20:22 WIB

Luhut Dukung Putra Jokowi Jadi Cawalkot Solo: Kalau Rakyat Mau, Bagus Juga

Danang Sugianto - detikNews
Luhut Dukung Putra Jokowi Jadi Cawalkot Solo: Kalau Rakyat Mau, Bagus Juga Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Twitter/@kaesangp)
Jakarta - Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke bursa calon wali kota (cawalkot) Solo. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung hal ini karena dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini masih muda.

Luhut yang dikenal dekat dengan keluarga Jokowi menilai dengan maju pilwalkot adalah pembelajaran yang baik.

"Saya pikir kalau dia mau dan rakyat mau bagus juga, dia anak muda di Solo. Jadi jangan terus tiba-tiba pengen jadi presiden," kata Luhut di Kantor Menko Kemaritiman-Gedung BPPT-Jakarta, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (5/8/2019).


"Ini memberikan pembelajaran yang baik dari kita. Saya pikir kalau dia masih mau jadi wali kota ya itu sangat baik, pendapat saya pribadi," tambahnya.

Luhut menilai keluarga Jokowi sangat demokratis. Jokowi dan anaknya juga punya hubungan yang baik.

Dia mengaku sempat bertanya kepada Jokowi soal isu Kaesang mau maju Pilwalkot Solo. Kepada Luhut, saat itu Jokowi menyerahkan pilihan kepada anak keduanya itu.


"Kalau saya lihat sih keluarga ini keluarga yang sangat demokratis menurut saya, jadi Pak Jokowi ini dengan anak-anaknya hubungan sangat baik. Saya juga sempat bertanya juga, 'Pak, itu katanya Kaesang mau maju jadi wali kota', beliau jawabnya 'ya terserah Kaesang saja'," cerita Luhut.

Nama Gibran dan Kaesang masuk bursa Pilwalkot Solo 2020 versi Universitas Slamet Riyadi (Unisri). Dukungan dan peringatan untuk menunggu datang dari berbagai partai politik. Namun hingga saat ini belum ada parpol yang mencolek Gibran-Kaesang untuk maju Pilwalkot Solo.



Gibran Masuk Bursa Cawalkot, Akbar Tandjung: Kenapa Tidak?:


(jbr/hri)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com