detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 19:01 WIB

Meriahnya Pesta Rakyat di Sidoarjo: Test Ride hingga Joget Bareng

Moch Prima Fauzi - detikNews
Meriahnya Pesta Rakyat di Sidoarjo: Test Ride hingga Joget Bareng Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Sidoarjo - Akhir pekan lalu warga Sidoarjo dan sekitarnya mengerubungi parkir timur GOR Sidoarjo. Tenda-tenda makan dan produk sudah berdiri kokoh lengkap dengan beragam pernak-perniknya. Sebuah pesta rakyat sedang digelar di Kota Udang.

Sejak Sabtu (3/8/2019), lokasi tersebut sudah ramai dikunjungi oleh warga yang ingin melakukan servis motor gratis, mengikuti lomba, mencari kuliner, sampai menjajal motor matik terbaru.

Salah satu warga yang terlihat di lokasi adalah Fandi Achmad (29). Pengajar di sebuah SMK di Surabaya ini mengaku datang untuk mendampingi siswanya yang ikut lomba otomotif.


"Kebetulan saya mendampingi siswa lomba SMK ikut skill contest," ungkapnya di parkir timur GOR Sidoarjo, Sabtu (3/8/2019).

Lain lagi dengan Desi (26). Warga Sidoarjo ini datang bersama teman-temannya. Ia memang sengaja datang untuk mencari hiburan. Katanya ada beragam acara, seperti musik, game, dan kuliner, yang jadi alasan ia datang ke pesta rakyat tersebut.

"Aku jalan-jalan saja. Mau lihat-lihat hiburan, kan ramai. Tadi ke makanan, lihat game, sama mau nonton musik," kata dia.

Bukan hanya untuk anak muda seperti Fandi dan Desi, pesta rakyat ini juga dimeriahkan dengan hiburan untuk keluarga. Ada lomba mewarnai untuk anak, lomba belanja, wahana bermain bagi anak, dan lainnya.

Pengunjung yang ingin menjajal motor matik terbaru juga bisa melakukannya di lokasi. Seperti yang dilakukan oleh Agus Harianto (18) yang menjajal matik Yamaha Freego.

"Motornya lancar, enak, stabil. Mudah dioperasikan juga pas belokan. Dikasih tahu juga di mana letak bensinnya, ternyata ada di dashboard (depan)," katanya.

Puncak pesta rakyat hari pertama ditutup oleh penampilan DJ dan night run. Kegiatan lari malam hari itu ikut dihadiri oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Selanjutnya pada hari kedua pada Minggu (4/8/2019), pesta rakyat dibuka dengan senam jantung sehat dan zumba. Mayoritas peserta yang datang berasal dari kalangan ibu.

Kemeriahan dilanjutkan dengan lomba memasak, dan pengumuman pemenang lomba, serta beberapa kegiatan yang sejak sehari sebelumnya juga digelar seperti servis gratis, test ride, maupun kontes modifikasi motor matik, dan kegiatan menghibur lainnya.

Puncak pesta rakyat ditutup malam harinya dengan penampilan dari pedangdut Nella Kharisma. Nella, yang menjadi bintang di ajang ini, menghibur warga Sidoarjo dengan mengajak bernyanyi dan joget bersama.


Pesta rakyat yang diselenggarakan di parkir timur GOR Sidoarjo tersebut merupakan ajang Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019. Deputi Direktur PT STSJ Rifany Widjaja mengatakan BYMS di Sidoarjo ini merupakan kota ke-9 yang diselenggarakan secara nasional. Adapun hiburan yang disuguhkan dikatakan cukup lengkap.

"Kontennya merupakan paket lengkap. Di sini kita ada hiburan dan game, ada mulai dari musik kita datangkan lokal sampai nasional, ada juga hiburan tradisional seperti reog, night run, ada acara seperti senam zumba dan senam jantung sehat," ungkapnya.

"Selain itu, ada program penjualan unit dan spare part dan servis gratis dari Yamaha," pungkasnya.

Ia menjelaskan BYMS merupakan event yang digelar secara tahunan oleh Yamaha sebagai bentuk apresiasi kepada para konsumen setianya.

BYMS 2019 masih akan hadir di kota kesepuluh di Makassar pada 31 Agustus 2019.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com