detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 10:07 WIB

GNPF Sebut Ijtimak Ulama IV Tak Bahas Pertemuan Lebak Bulus-Teuku Umar

Zunita Putri - detikNews
GNPF Sebut Ijtimak Ulama IV Tak Bahas Pertemuan Lebak Bulus-Teuku Umar Konferensi pers Ijtimak Ulama IV (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Sekjen Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Edi Mulyadi menegaskan Ijtimak Ulama IV tak akan membahas pertemuan Prabowo Subianto dengan Joko Widodo ataupun dengan Megawati Soekarnoputri.

"Apakah Ijtimak IV menyikapi pertemuan Lebak Bulus, apakah Ijtimak IV ini diselenggarakan karena para ulama kecewa atas rekonsiliasi dan sebagainya? Jadi, harus saya jelaskan sedikit, keputusan menyelenggarakan ijtimak ini diambil dalam rapat GNPF 11 Juli dan kita tahu 2 hari kemudian, 13 Juli, terjadi pertemuan Lebak Bulus," ujar Edi saat konferensi pers di Lor In Hotel, Sentul, Bogor, Senin (5/8/2019).


Dia mengaku ijtimak ini tidak direncanakan untuk membahas pertemuan itu. Edi menyebut saat ini ijtimak ulama tak ada kaitannya dengan Prabowo Subianto ataupun Joko Widodo. Hal itu, kata Edi, berlaku setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

"Sungguh kami tidak punya kemampuan menerawang, jadi kita putuskan ijtimak baru terjadi Lebak Bulus, Teuku Umar, dan sebagainya. Yang saya garis bawahi, kami GNPF, FPI, 212, menetapkan setelah MK memenangkan 01 atas 02, kita tidak ada lagi kontestasi pilpres. Ini murni untuk kepentingan bangsa, khususnya agar ke depan dalam bernegara, berbangsa, tidak ada lagi kezaliman dan sebagainya," ucapnya.


Selain itu, penanggung jawab Ijtimak Ulama IV, Yusuf Martak, mengatakan acara kali ini membahas situasi politik Indonesia. Mereka juga akan mengevaluasi pelaksanaan Pilpres 2019.

"Intinya, seluruh pergerakan kita struktur dan terencana agar semua yang kita perjuangkan dan harapkan bagi bangsa dan negara bisa dilaksanakan, dapat dirasakan nikmat manfaat oleh rakyat. Terutama pada hal sifatnya yang tidak disukai atau pelanggaran, atau kecurangan-kecurangan, atau pengkhianatan-pengkhianatan dalam pemilu yang berlalu itu, kita serahkan pada musyawarah di Ijtimak IV nanti hari ini," jelasnya.

Saat ini acara telah berlangsung di ballroom Hotel Lor In, Sentul, Bogor. Acara berlangsung tertutup dari media.
(zap/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com