detikNews
Minggu 04 Agustus 2019, 11:17 WIB

Data BNPB: 471 Rumah dan 13 Masjid Rusak Terdampak Gempa Banten

Dhani Irawan - detikNews
Data BNPB: 471 Rumah dan 13 Masjid Rusak Terdampak Gempa Banten Dokumentasi salah satu kerusakan bangunan di Pandeglang, Banten (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Guncangan gempa bermagnitudo 6,9 yang berpusat di Kabupaten Pandeglang, Banten menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan.

"Kerugian material 13 unit rumah rusak berat, 50 unit rusak sedang, dan 408 unit rusak ringan," ucap Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (4/8/2019).

Total bangunan rumah yang rusak tercatat 471 unit. Selain itu ada bangunan lain yang disebutkan Agus mengalami kerusakan ringan seperti 1 unit bangunan penggilingan padi, 19 unit sarana pendidikan, 1 unit kantor desa, dan 13 unit masjid.




Bangunan-bangunan yang rusak itu tersebar di sejumlah daerah seperti di Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kota Cilegon. Tim BNPB di masing-masing wilayah tersebut disebutkan Agus sudah bergerak untuk melakukan penanganan.

Sebelumnya Agus menyampaikan data korban akibat gempa tersebut. Dari data BNPB per pukul 10.00 WIB pagi ini tercatat korban tewas 6 orang dan korban luka 3 orang.

Gempa bermagnitudo 6,9 itu terjadi pada Jumat, 2 Agustus kemarin pada pukul 19.03 WIB. Getaran gempa terasa di sejumlah wilayah termasuk Banten, Jakarta, Lampung. Gempa itu sempat memicu potensi tsunami yang dikeluarkan BMKG.



Tonton video BNPB Update Dampak Gempa: 233 Bangunan Rusak:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com