Waktu Gempa Belum Bisa Diprediksi, Jangan Percaya Eyang Ibung Lagi

Round-Up

Waktu Gempa Belum Bisa Diprediksi, Jangan Percaya Eyang Ibung Lagi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 22:19 WIB
BNPB: Jangan percaya ramalan gempa Eyang Ibung ini. (Tangkapan layar Facebook)
BNPB: Jangan percaya ramalan gempa Eyang Ibung ini. (Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Usai gempa besar berguncang dari arah Banten, muncul sosok Eyang Ibung di Facebook. Dia menjadi pembicaraan warganet karena ramalannya soal gempa dinilai benar. Ramalan Eyang Ibung tak perlu dipercaya. Sebenarnya ada metode ilmiah untuk memprediksi gempa, meski masih dalam tahap penelitian.

Isu prediksi gempa memang menjadi isu yang menarik karena hingga kini belum ada pihak yang berani tegas mengatakan bisa memprediksi gempa. Saat masyarakat masih terkejut dengan guncangan gempa, sosok Eyang Ibung viral.


Dilansir detikcom dari akun Facebook Eyang Ibung, Sabtu (3/8/2019), akun ini memasang foto profil seorang pria berkacamata, berpeci hitam, dan berbaju koko hitam. Akun Eyang Ibung sempat menulis status sebelum gempa terjadi pada Jumat (2/8) sekitar pukul 19.03 WIB. Status itu berisi ramalan.

"Eyang ibung sedang meramal gempa nanti sore jam 7 dan jam 8," kata akun Eyang Ibung, dilengkapi dengan unggahan gambar secangkir kopi di atas cawan gambar bunga. Ramalan itu disampaikannya pada Jumat (2/8) pukul 15.11 WIB atau sekitar empat jam sebelum gempa Banten M 6,9 berguncang.

Waktu Gempa Belum Bisa Diprediksi, Jangan Percaya Eyang Ibung LagiKata BNPB, jangan percaya ramalan Eyang Ibung ini. (Tangkapan layar Facebook)

Sebagian warganet menilai ramalan Eyang Ibung benar, sebagian berpendapat Eyang Ibung telah mengedit ramalannya sehingga sesuai dengan peristiwa gempa yang terjadi, sebagian lagi mengingatkan agar tak mempercayai ramalan karena alasan keagamaan.

Jangan Percaya

Pelaksana harian Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengimbau masyarakat untuk tidak percaya dengan Eyang Ibung.

"Kepada warganet mohon jangan percaya dengan ramalan Eyang Ibung atau siapa saja yang bisa meramal kapan akan terjadi gempa," kata Agus Wibowo, dihubungi terpisah.


Dijelaskannya, pakar gempa seluruh dunia saat ini dapat menghitung potensi dan lokasi gempa yang akan terjadi tapi tidak bisa menentukan waktu kapan gempa tersebut terjadi. Memang kesiapan menghadapi bencana perlu ada dalam diri tiap warga, namun bukan berarti harus percaya ramalan gempa.

"Selalu siap siaga menghadapi gempa itu adalah sikap yang tepat," tandas Agus.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono menilai ramalan itu cuma kebetulan benar. Siapapun bisa melempar ramalan, termasuk Eyang Ibung.
Selanjutnya
Halaman
1 2