detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 22:17 WIB

Bobol Klinik di Jaktim, Komplotan Spesialis Rumah Kosong Ditangkap Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Bobol Klinik di Jaktim, Komplotan Spesialis Rumah Kosong Ditangkap Polisi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap J (53), MR (36) dan S (37) karena membobol sebuah klinik di kawasan Jakarta Timur. Komplotan ini berhasil mengambil uang sebesar Rp 18 juta dari klinik tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menyebut kejadian itu berlangsung pada tanggal 24 Juli 2019 di Klinik Gigi FDC Kalimalang, Jakarta Timur. Komplotan itu melakukan aksinya pada pukul 04.40 WIB pagi.

"Untuk 3 tersangka menggunakan mobil dengan pelat nomor palsu. Ada beberapa pelat yang dia gunakan itu nopol palsu untuk mengelabui kalau ada orang yang lihat nopolnya," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Argo menyebut komplotan ini sebelumnya selalu melakukan survei di ruko-ruko yang hendak mereka curi. Modusnya, pelaku menggunakan mobil dan memarkirkan percis di depan ruko yang menjadi sasarannya.
"Saat dia lakukan aksinya itu, pantatnya mobil didekatkan dengan ruko. Dia congkel pintu pakai tang kemudian ada obeng untuk mencungkil pintu atau jendela untuk masuk ke klinik itu," kata Argo.

Beberapa unit hp dan uang tunai sebesar Rp 18 juta berhasil digasak pelaku dari klinik gigi itu. Polisi kemudian menangkap ketiga tersangka beberapa waktu lalu di tempat yang berbeda.

"Ini kelompok ini sudah 10 kali, ngakunya melakukan kegiatan pencurian rumah kosong dan kelompok ini rumahnya beda-beda, ada yang di Jakut, Bogor dan di Karawang," jelas Argo.

Para pelaku ditangkap beberapa hari lalu oleh Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Handik Zusen. Ketiga tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP. Mereka terancam hukuman 7 tahun penjara.

(sam/mea)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com