detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 13:35 WIB

Menristekdikti Minta Masyarakat Cek Status PT: Pilih yang Sehat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Menristekdikti Minta Masyarakat Cek Status PT: Pilih yang Sehat Menristekdikti M Nasir (kedua dari kiri) (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan M Nasir meminta masyarakat untuk mengecek status perguruan tinggi yang ada di Indonesia sebelum mendaftar. Dia mengimbau masyarakat memilih perguruan tinggi yang sehat.

"Saya harap masyarakat dapat informasi utuh. Kalau ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) keluar universitas yang sedang bermasalah, mohon jadi perhatian seluruh rakyat. Pilih yang sehat artinya yang aktif," kata Nasir di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (2/8/2019).



Dia mengatakan data soal perguruan tinggi yang aktif atau tidak aktif akan ditampilkan secara langsung di situs PDPT sehingga masyarakat tak perlu lagi mengecek satu per satu status universitas. Dia menyatakan hal ini dilakukan agar masyarakat tak lagi bertanya-tanya tentang status sebuah perguruan tinggi.

"Diumumkan saja di PDPT, data di layar, ini siapa saja yang ditutup. Kalau disembunyikan, nanti orang-orang tanya-tanya terus," kata Nasir.



Ada 130 perguruan tinggi yang telah ditutup sejak tahun 2015. Penutupan, katanya, dilakukan karena berbagai masalah yang dialami perguruan tinggi itu.

"Memang ada banyak faktor sehingga ditutup. Contoh yang ada, perguruan tinggi yang bersalah, di mana konflik itu tidak memungkinkan, harus ditutup. Kedua, ada kemungkinan jumlah mahasiswanya tidak ada, ini dikawatirkan jual beli ijazah. Ada juga permintaan dari perguruan tinggi," ucap Nasir.
(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com