detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 10:38 WIB

Menlu Retno Harap AS Bantu Selesaikan Konflik Palestina-Israel

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Menlu Retno Harap AS Bantu Selesaikan Konflik Palestina-Israel Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN dan Amerika Serikat (Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri RI)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi kembali membahas penyelesaian konflik Palestina-Israel di Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN dan Amerika Serikat (AS). Dalam kesempatan ini, Retno mengajak Amerika Serikat untuk membantu penyelesaian konflik tersebut.

"Oleh karena itu, dengan kapasitas yang dimiliki Amerika Serikat, Indonesia mengharapkan agar Amerika Serikat dapat membantu Palestina dalam mencapai cita-citanya agar konflik dapat diselesaikan secara adil. Dan Palestina dapat memperoleh kemerdekaannya berdasarkan dua state solution," kata Menlu Retno seusai pertemuan tersebut di Bangkok dalam keterangannya, Jumat (2/8/2019).


Retno sedang berusaha untuk terus memperjuangkan isu Palestina di tingkat ASEAN. Hal itu dia lakukan tidak lain karena kedekatan emosional antara Indonesia dan Palestina.

"Saya sampaikan dalam pertemuan ASEAN-Amerika Serikat adalah mengenai masalah Palestina. Saya sampaikan bahwa isu Palestina ini dekat sekali dengan hati masyarakat Indonesia," ujarnya.

Tidak lupa, Menlu Retno pun mengapresiasi kehadiran Menlu Amerika Serikat, Mike Pompeo dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (1/8/2019) lalu. Ia melihat ini sebagai bentuk komitmen AS untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam menghadapi situasi dunia yang tidak stabil.


"Kita apresiasi presensi dari Secretary Pompeo yang merupakan refleksi dari komitmen Amerika Serikat untuk terus melakukan kerja sama dengan ASEAN," ucap Retno.

"Kita sampaikan bahwa dunia penuh dengan ketidakpastian, tantangan yang dihadapi kita semua semakin banyak, semakin berat sehingga tidak ada opsi lain bagi kita, bagi ASEAN dan Amerika Serikat untuk meningkatkan kerja sama dan menjadikan dunia yang banyak tantangan ini menjadi dunia yang lebih baik untuk semua," katanya.


Eskalasi Memanas! Palestina-Israel Saling Gempur:

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com